5 Pesepakbola Bintang yang Ubah Sejarah Klub

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 51 2279236 5-pesepakbola-bintang-yang-ubah-sejarah-klub-srGTYl6JPB.jpg Lionel Messi (Foto: @FCBarcelona/Twitter)

SEORANG pesepakbola terkadang menjadi sosok yang berpengaruh bagi klub. Tak jarang kehadiran seorang pemain bisa memengaruhi sebuah klub untuk membuat sejarah besar. Mulai dari Bobby Charlton hingga Lionel Messi. Mereka salah satu contoh bahwa seorang pemain bisa menjadi sosok besar untuk klub.

Lalu, siapa-siapa lagi para pesepakbola dunia yang menjadi sosok berpengaruh untuk klub? Berikut lima pesepakbola top yang bisa mengubah sejarah klub.

5. Eric Cantona

Legenda Manchester United ini akan selamanya berada di hati para penggemar Setan Merah –julukan Man United. Cantona memainkan peran penting dalam mengubah Man United menjadi tim yang sulit dikalahkan di Liga Inggris.

Ia sukses membawa Man United meraih empat gelar dan memiliki tahun-tahun kesuksesan di bawah kepelatihan Alex Ferguson. Meski, ia pensiun dini dan sering membuat kontroversi, tetapi ia adalah salah satu penyerang terhebat dalam sejarah sepakbola.

Eric Cantona

4. Lionel Messi

Messi adalah pesepakbola yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Ia mungkin telah jatuh cinta dengan klub dan memutuskan tetap di Camp Nou setelah melewati drama-drama menegangkan pada bursa transfer musim panas ini.

Namun, sosok Messi jelas sangat berpengaruh bagi Barcelona. Sebelum era Messi, Barcelona hanya meraih satu gelar Liga Champions. Tetapi, ketika Messi hadir. Ia membantu Barcelona memenangkan empat titel Liga Champions secara beruntun.

Lionel Messi

3. Frank Lampard

Lampard juga memainkan peran besar dalam mengubah klub bernama Chelsea. Sebelum, Chelsea kedatagan Lampard, mereka hanya mampu memenangkan satu gelar Liga Inggris. Tetapi, sejak Lampard hadir, wajah Chelsea berbeda.

Klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu mampu memenangkan tiga gelar Liga Inggris dan juga Liga Champions. Pada era-era kejayaan tersebut, Chelsea merupakan kekuatan yang wajib diperhitungkan di Inggris hingg Eropa.

Frank Lampard

2. Ronaldinho

Sebelum Lionel Messi di Barcelona, ada nama Ronaldinho. Ia dapat dikatakan bahwa pemain Brasil ini memiliki keterampilan yang memesona. Sebagai seorang penyerang lengkap, Ronaldinho mampu memperdaya lawan saat membela Barcelona.

Dua titel Liga Spanyol dan satu kemenangan di Liga Champions menjadi bukti bahwa Ronaldinho benar-benar mengubah wajah Barcelona. Sejak saat itu, Barcelona pun menjadi salah satu tim yang paling ditakuti dan dihormati di Eropa.

Ronaldinho

1. Sergio Aguero

Seseorang bisa saja memilih berbagai nama pemain yang menjadi bagian dari kebangkitan Manchester City. Tetapi, Sergio Aguero lebih cocok untuk menempati bagian ini. Jika ia tidak melakukan apa pun, Aguero tidak akan diingat oleh para penggemar Man City.

Bukan hanya menjadi penentu keberhasilan Man City menjuarai Liga Inggris 2011-2012, tetapi ia juga melakukan banyak hal. Ia menjadi salah satu penyerang terhebat dalam sejarah Liga Inggris. Sosoknya begitu berpengaruh untuk Man City sebelum Liverpool bangkit untuk menggoyahkan dominasi mereka.

Sergio Aguero

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini