PSG Menang Susah Payah atas Metz, Tuchel Puji Mentalitas Anak Asuhnya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 07:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 51 2279059 psg-menang-susah-payah-atas-metz-tuchel-puji-mentalitas-anak-asuhnya-stJKUe2o6B.jpg Thomas Tuchel mengawasi anak asuhnya dari pinggir lapangan (Foto: PSG)

PARIS – Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Thomas Tuchel, bahagia dengan kemenangan pertama anak asuhnya di Liga Prancis 2020-2021. Kendati hanya menang tipis 1-0 atas FC Metz, itu sudah menunjukkan mentalitas baja dari Les Parisien.

Menjamu FC Metz di Stadion Parc des Princess, PSG tampil dominan sejak menit pertama pertandingan. Akan tetapi, dominasi penguasaan bola hingga 70% gagal dikonversi menjadi gol. Sejumlah peluang terbuang percuma karena kurang tenang di sepertiga akhir lapangan.

Alih-alih mencetak gol, PSG justru harus bermain dengan 10 orang semenjak menit 65 setelah bek Abdou Diallo menerima kartu kuning kedua. Les Rogue et Bleu bahkan tampil dengan sembilan orang pemain ketika Juan Bernat mengalami cedera di penghujung laga.

Baca juga: PSG Susah Payah Menang 1-0 atas Metz

Julian Draxler pastikan kemenangan di injury time (Foto: PSG)

Karena jatah tiga pergantian sudah habis, maka anak asuh Thomas Tuchel berlaga 9 vs 11. Beruntung, pada menit-menit akhir, Julian Draxler sukses mencocor masuk bola ke gawang FC Metz. Pelatih asal Jerman itu lantas memuji ketangguhan mental anak asuhnya.

“Sesungguhnya saya tidak melihat dengan jelas gol Julian Draxler. Namun, itu adalah akhir yang impresif karena kami harus bermain 9 vs 11. Kami menunjukkan mentalitas luar biasa,” papar Thomas Tuchel, seperti dimuat laman resmi PSG, Kamis (17/9/2020).

“Ini adalah kemenangan yang layak didapatkan setelah pertandingan luar biasa. Saya sungguh bangga. Kami tidak menampilkan kualitas yang sama seperti melawan Marseille, tetapi masih cukup kuat,” tukas pelatih berusia 47 tahun tersebut.

PSG memang tampil seperti kurang bertenaga, terutama di lini depan, akibat absennya sejumlah pilar. Neymar Jr menepi akibat hukuman kartu merah di laga kontra Marseille akhir pekan lalu. Sementara itu, Kylian Mbappe masih menjalani isolasi mandiri usai terpapar virus Corona.

Untungnya, PSG masih memiliki sejumlah pemain bintang seperti Julian Draxler dan Angel Di Maria. Kedua pemain tersebut konsisten mengancam gawang Metz yang dikawal Alexandre Oukidja. Sang pencetak gol tunggal mengaku kemenangan kali ini diraih dengan cara yang sulit.

“Situasinya rumit, jadi yang terpenting adalah menang malam ini. Itu sulit karena kami mengkreasi banyak peluang, tetapi tampil kurang 100%. Jika kami bisa mencetak gol pada babak pertama, mungkin akan lebih mudah. Namun, kami berjuang keras untuk menang,” ucap Julian Draxler.

Hasil positif tersebut menjadi kemenangan pertama PSG di Liga Prancis 2020-2021. Sebelumnya, mereka selalu kalah pada dua laga awal dan sama sekali belum mencetak gol. Tiga poin itu untuk sementara mengangkat PSG ke peringkat 15 klasemen usai pekan ketiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini