Prestasi Markus Horison di Karier Profesionalnya, Pernah Bikin Korea Selatan Kesulitan

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 49 2278533 prestasi-markus-horison-di-karier-profesionalnya-pernah-bikin-korea-selatan-kesulitan-UXCeT1DtoP.jpg Markus Horison, mantan kiper andalan Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@markoesharison81)

MARKUS Horison sempat jadi andalan Tim Nasional Indonesia dari 2007-2011. Pria bertinggi badan 183 sentimeter itu mendapat status kiper andalan Timnas Indonesia berkat performa apiknya bersama sang klub, PSMS Medan.

Markus yang mengawali karier sepakbolanya bersama PSL Langkat, baru mencuat namanya ketika membela PSMS Medan dari 2003-2008. Saat itu, aksi heroik Markus Horison pertama kali terlihat ketika membela PSMS Medan di ajang Piala Emas Bang Yos, yang digelar di Jakarta.

Markus Horison

Luar biasanya berkat bantuan Markus Horison, PSMS Medan yang berstatus tim tamu keluar sebagai kampiun tiga musim beruntun (2004, 2005 dan 2006). Bahkan pada 2006, Markus Horison keluar sebagai pemain terbaik turnamen.

Aksi ciamik bersama PSMS membuat Markus Horison dipanggil pelatih Timnas Indonesia di Piala Asia 2007, Ivan Kolev. Namun, kala itu Markus Horison hanya diplot sebagai pelapis dari kiper kawakan yang kala itu berseragam Persipura Jayapura, Jendry Pitoy.

Di dua laga awal ketika Indonesia menang 2-1 atas Bahrain dan tumbang 1-2 dari Arab Saudi, Markus Horison tidak diturunkan. Baru di laga ketiga kontra Korea Selatan, Ivan Kolev memercayakan posisi penjaga gawang kepada Markus Horison.

BACA JUGA: Kabar Terkini Markus Horison, Eks Kiper Timnas Indonesia

Pada laga itu, Indonesia hanya butuh hasil imbang atas Korea Selatan untuk lolos ke perempatfinal Piala Asia 2007. Di saat yang bersamaan, Korea Selatan racikan Peter Verbeek membutuhkan kemenangan untuk lolos ke perempatfinal.

Hasilnya, Indonesia kalah 0-1 dari Korea Selatan lewat sepakan Kim Jung-woo pada menit 34. Namun, jika bukan Markus Horison yang berada di bawah mistar gawang, bukan tak mungkin gawang Indonesia kemasukan lebih dari tiga gol.

Markus Horison

(Markus Horison bersama sang istri)

Sebab, dalam laga tersebut Markus Horison membuat lebih dari tiga penyelamatan krusial. Lepas Piala Asia 2007, Markus Horison masih jadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2008 dan 2010.

Di dua ajang tersebut, Markus Horison membawa Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2008 dan final 2010. Bagaimana dengan level klub?

Markus Horison pernah membawa PSMS Medan lolos ke final Liga Indonesia 2007-2008. Sayangnya, di partai puncak PSMS Medan kalah 1-3 dari Sriwijaya FC racikan Rahmad Darmawan. Karena itu, Markus Horison memiliki karier yang lumayan sewaktu aktif sebagai pesepakbola profesional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini