Blunder Lagi, Carragher: Kepa Tidak Pantas Dihargai Mahal

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 45 2278059 blunder-lagi-carragher-kepa-tidak-pantas-dihargai-mahal-hlsNR10Bm3.jpg Kepa Arrizabalaga melakukan pemanasan (Foto: Premier League)

FALMER – Kesalahan kembali dilakukan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Pria asal Spanyol itu kemasukan gol tembakan jarak jauh gelandang Brighton & Hove Albion, Leandro Trossard, pada pekan pertama Liga Inggris 2020-2021. Beruntung, timnya mampu menang dengan skor 3-1.

Satu-satunya gol tuan rumah pada laga tersebut dihasilkan lewat tembakan jarak jauh Leandro Trossard pada menit 54. Itu merupakan gol penyeimbang setelah Jorginho membuka skor lewat titik penalti pada babak pertama.

Malang bagi Kepa, gol Leandro Trossard itu semakin menambah catatan buruk. Itu merupakan gol ke-19 yang diderita kiper bertinggi badan 186 sentimeter (cm) tersebut dari luar kotak penalti. Ia menjadi kiper terburuk dalam antisipasi tembakan jarak jauh di Liga Inggris dalam dua tahun terakhir.

Baca juga: Kepa Masih Jadi Kiper, Chelsea Takkan Juara Liga Inggris

Kepa Arrizabalaga masih didukung Frank Lampard (Foto: Premier League)

Terang saja, kiper berusia 25 tahun itu langsung jadi sasaran kritik pengamat. Jamie Carragher, heran mengapa Kepa Arrizabalaga bisa dihargai hingga 70 juta poundsterling (setara Rp1,3 triliun). Padahal, ia kerap melakukan kesalahan sehingga tidak pantas dijadikan kiper termahal di dunia.

Kebetulan, Chelsea dikabarkan tengah mengincar Edouard Mendy dari Stade Rennais. Jamie Carragher yakin, kesalahan yang dilakukan Kepa Arrizabalaga semalam, bakal membuat Chelsea semakin intensif mendaratkan kiper asal Senegal itu.

“Itu mungkin akan mendorong klub untuk segera menyelesaikan transfer (Edouard Mendy) karena berpotensi merugikan. Kepa bukan kiper senilai 70 juta poundsterling. Mereka kehilangan Alisson dan dia adalah pilihan terakhir,” tutur Jamie Carragher, disitat dari Daily Mail, Selasa (15/9/2020).

Chelsea memang mengincar Alisson pada musim panas 2018 ketika Thibaut Courtois hendak dibajak Real Madrid. Namun, mereka kalah cepat dari Liverpool yang berhasil mengangkut kiper asal Brasil itu ke Stadion Anfield. Panik, Si Biru akhirnya rela menebus Kepa Arrizabalaga dengan harga tinggi.

Bila berkaca pada statistik di situs resmi Liga Inggris, Kepa Arrizabalaga tidak buruk-buruk amat. Sejak 2018-2019, kiper kelahiran Ondarroa itu menorehkan 22 cleansheet dalam 70 penampilan. Kepa juga mencatatkan 139 penyelamatan sepanjang tiga musim terakhir.

Akan tetapi, catatan kebobolannya juga cukup membuat alis mata terangkat. Betapa tidak, hanya dalam 70 penampilan, Kepa Arrizabalaga sudah kemasukan 87 gol. Karena itu, Chelsea tengah berusaha keras mendatangkan Edouard Mendy dari Stade Rennais.

Kiper berusia 28 tahun itu hanya memiliki harga pasar di kisaran 7 juta Euro (setara Rp123 miliar), berdasarkan Transfermarkt. Sepanjang musim lalu, Mendy memiliki catatan 33 kali tampil dengan 13 kali cleansheet serta kemasukan 31 kali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini