Dukung Widodo C. Putro Kontra Le Cong Vinh di Semifinal AFC Bracket Challenge

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 14 September 2020 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 51 2277208 dukung-widodo-c-putro-kontra-le-cong-vinh-di-semifinal-afc-bracket-challenge-QC3afrFXgw.jpg AFC (Foto: AFC)

FEDERASI Sepakbola Asia (AFC) menggelar pemungutan suara virtual bertajuk AFC Bracket Challenge untuk menentukan gol terbaik di Piala Asia. Indonesia mengirimkan satu wakilnya dalam pemungutan suara ini, yaitu Widodo Cahyono Putro.

Pria yang kini melatih Persita Tangerang itu telah berada di babak semifinal berkat gol saltonya di Piala Asia 1996. Sekadar informasi, itu merupakan penampilan perdana Indonesia di putaran final Piala Asia.

Widodo Cahyono Putro (Foto: Persita Tangerang)

Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah, Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, dan Korea Selatan (Korsel). Gol spektakuler Widodo tercipta pada pertandingan kedua Grup A ketika Indonesia bertemu Kuwait.

Widodo mencetak gol salto setelah menerima umpan silang dari sisi kiri pertahanan Kuwait. Bola sepakan Widodo meluncur mulus ke pojok kiri atas gawang Kuwait. Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-20 berkat gol spektakuler tersebut.

Keunggulan Indonesia bertambah pada menit ke-40 melalui tendangan jarak jauh Ronny Wabia. Indonesia sayangnya harus menerima hasil imbang 2-2 setelah Kuwait menyamakan kedudukan berkat gol Hani Al-Saqer (72') dan penalti Bader Al-Halabeej (85'). Indonesia gagal menang Kuwait tetapi gol Widodo tetap dikenang hingga sekarang.

Gol salto Widodo akan diadu dengan gol chip pemain legendaris Vietnam Le Cong Vinh, ke gawang UEA di Grup B Piala Asia 2007. Vietnam yang waktu itu sudah unggul 1-0 atas UEA butuh satu gol lagi untuk membunuh pertandingan. Le Cong Vinh saat itu hadir sebagai pahlawan Vietnam.

BACA JUGA: Perjuangan Bali United dan PSM Makassar di Piala AFC 2020 Terhenti karena Virus Corona

Le Cong Vinh berlari ke kotak penalti setelah menerima umpan lambung dari tengah lapangan. Ia berhadapan satu lawan satu dengan kiper UEA, lalu men-chip bola dengan indah untuk menggandakan keunggulan Vietnam. Gol Le Cong Vinh memastikan kemenangan 2-0 Vietnam atas UEA.

Hingga sekarang, pemungutan suara masih dilakukan. Anda bisa membantu gol salto Widodo untuk memenangi AFC Bracket Challenge dengan memberi dukungan melalui laman resmi AFC. Caranya mudah Anda cukup klik di sini.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini