Noda Messi di Timnas Argentina: Hina CONMEBOL hingga Dihukum Larangan Bermain

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 51 2276221 noda-messi-di-timnas-argentina-hina-conmebol-hingga-dihukum-larangan-bermain-pscgV2vX2z.jpg Lionel Messi (Foto: Twitter/@Argentina)

LIONEL Messi dalam beberapa waktu terakhir menjadi pembicaraan setelah dramanya yang ingin hengkang dari Barcelona. Akan tetapi, La Pulga –julukan Messi– mengurungkan niat pergi dan memilih bertahan hingga kontraknya habis pada akhir musim 2020-2021.

Drama dengan Barcelona bukan satu-satunya sensasi Messi dalam dunia sepakbola. Peraih enam trofi Ballon dOr itu juga pernah membuat sensasi bersama Tim Nasional (Timnas) Argentina di Copa America 2019 yang berlangsung di Brasil pada Juni-Juli.

Lionel Messi (Foto: Twitter/@Argentina)

Messi pada waktu itu mengeluarkan komentar-komentar kontroversial terhadap Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL). Komentar itu keluar dari mulut Messi setelah sang pemain merasa ada ketidakadilan di Copa America 2019.

Ketidakpuasan Messi berawal dari kegagalan Argentina melenggang ke partai puncak. Argentina gugur setelah kalah 0-2 dari Brasil pada semifinal. Setelah pertandingan, Messi menyebut Brasil sudah diatur untuk menjuarai Copa America 2020.

BACA JUGA: 5 Pemain yang di Luar Dugaan Dijual Barcelona

Komentar kontroversial Messi berlanjut setelah Argentina berjumpa Cile dalam perebutan posisi ketiga. Argentina sejatinya menang 2-1 atas Cile tetapi Messi tidak menyelesaikan pertandingan hingga akhir. Messi masuk ruang ganti lebih dulu setelah menerima kartu merah usai berseteru dengan Gary Medel.

Ketika para pemain Argentina lain menerima medali, La Pulga tidak menunjukkan batang hidungnya. Messi tidak mengikuti acara tersebut sebagai bentuk protes terhadap CONMEBOL yang disebutnya melakukan korupsi dengan mengatur agar Brasil menjadi juara.

Messi pun menyatakan kartu merah yang diterimanya bukan karena pelanggaran dalam pertandingan melainkan kritik terhadap CONMEBOL. Komentar pedas Messi itu pun berbuah hukuman larangan bertanding untuk Argentina selama tiga bulan dan denda USD50 ribu (sekira Rp745 juta) dari Federasi Sepakbola Amerika Selatan tersebut.

"Saya pikir mereka memberi kartu merah karena kritik saya pada Copa America kali ini," ujar Messi, melansir dari AS, Jumat (11/9/2020).

Lionel Messi (Foto: Twitter/@Argentina)

Messi pun melewatkan laga uji coba melawan Cile (6 September 2019), Meksiko (11 September 2019), Jerman (10 Oktober 2019), dan Ekuador (13 Oktober 2019). Akan tetapi, Messi sudah kembali membela Argentina saat mengalahkan Brasil 1-0 (16 November 2020) dan bermain imbang 2-2 lawan Uruguay (19 November 2019).

Messi bisa bermain untuk Argentina dalam laga uji coba tetapi tidak untuk pertandingan kompetitif. Sebab, hukuman kartu merah yang didapat saat melawan Cile masih aktif. Messi diharuskan absen pada satu pertandingan kompetitif Argentina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini