5 Pemain yang di Luar Dugaan Dijual Barcelona

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 51 2276112 5-pemain-yang-di-luar-dugaan-dijual-barcelona-1ilul2UlXW.jpg Neymar Jr (Foto: Sportskeeda)

BARCELONA baru saja melakukan hal penting, yakni meyakinkan Lionel Messi untuk bertahan di Camp Nou setidaknya hingga kontrak La Pulga –julukan Messi– habis pada akhir musim 2020-2021. Barcelona belajar dari kesalahan masa lalu yang beberapa kali melepas pemain bintangnya.

Ada berbagai alasan yang membuat Blaugrana –julukan Barcelona– menjual beberapa pemain pentingnya meski memiliki kualitas yang sangat bagus. Berikut lima pemain yang di luar dugaan dijual Barcelona, menyadur dari Sportskeeda, Jumat (11/9/2020).

5. Ronaldo Luis Nazario de Lima

Ronaldo dan Luis Enrique (Foto: Istimewa)

Ronaldo Luis Nazarioz de Lima pernah mengenakan seragam Barcelona setelah dibeli dari PSV Eindhoven pada bursa transfer musim panas 1996. Transfer ke Barcelona membuat Ronaldo jadi pemain termahal di dunia waktu itu.

Ronaldo memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Liga Spanyol waktu itu dengan 34 gol. Pemain asal Brasil tersebut secara keseluruhan mencetak 47 gol dalam 49 pertandingan dan membantu Barcelona menjuarai Piala Winners, Copa Del Rey, dan Piala Super Spanyol.

Ronaldo sayangnya hanya bertahan semusim di Barcelona, lalu pindah ke Inter Milan pada musim panas 1997. Ia sejatinya ingin bertahan tetapi Barcelona menginginkan sebaliknya.

4. Luis Figo

Luis Figo (Foto: Istimewa )

Luis Figo dibeli Barcelona dari Sporting Lisbon pada musim panas 1995. Figo menikmati lima musim yang sukses dalam balutan seragam Barcelona. Akan tetapi, kejutan terjadi pada musim panas 2000 ketika Real Madrid mengaktifkan klausul pelepasan Figo yang menyentuh 37,2 juta poundsterling (sekira Rp713 miliar). Figo pun pindah ke Madrid dan memulai era Los Galacticos jilid pertama.

3. Samuel Etoo

Samuel Etoo (Foto: Istimewa)

Samuel Etoo adalah ujung tombak utama Barcelona sejak pertama kali didatangkan pada musim panas 2004. Etoo, adalah salah satu pemain yang mengantarkan Barcelona meraih treble winner pada musim 2008-2009.

Namun, Etoo tidak bisa pensiun di Barcelona. Pelatih Barcelona saat itu, Josep Guardiola, memasukkan Etoo dalam tukar guling pemain dengan Inter Milan pada musim panas 2009. Barcelona merelakan Etoo pergi demi mendapatkan Zlatan Ibrahimovic dari Inter.

2. Thiago Alcantara

Thiago Alcantara: (Foto: Istimewa)

Thiago Alcantara adalah jebolan akademi Barcelona, La Masia. Ia mulai naik ke tim utama pada musim 2008-2009 tetapi tidak mendapatkan waktu bermain yang cukup. Peningkatan performa Alcantara seiring waktu berjalan berbanding terbalik dengan waktu bermainnya.

Alcantara yang ingin menembus skuad Tim Nasional (Timnas) Spanyol 2014 akhirnya pindah ke Bayern Munich pada musim panas 2013. Alcantara menjadi gelandang tengah yang luar biasa di Bayern. Ia bahkan membantu Bayern meraih treble winner pada musim 2019-2020.

1. Neymar Jr

Neymar Jr (Foto: Laman resmi PSG)

Neymar Jr adalah salah satu pembelian terbaik Barcelona. Ia didatangkan dari Santos pada musim panas 2013. Pemain asal Brasil itu membentuk trio menakutkan di lini depan Barcelona dengan Lionel Messi dan Luis Suarez yang disebut MSN (Messi, Suarez, dan Neymar) pada musim 2014-2015.

Trio MSN membantu Barcelona meraih treble winner pada musim itu. Neymar secara keseluruhan membantu Barcelona meraih sembilan trofi. Jumlah trofi Neymar bersama Barcelona mungkin lebih banyak jika tidak pindah ke Paris Saint-Germain (PSG). Akan tetapi, Barcelona melepas Neymar ke PSG dengan mahar 222 juta euro (sekira Rp3,9 triliun) yang menjadi rekor transfer pemain hingga sekarang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini