Flu atau Suhu Badan Panas, Pemain Klub Liga 1 2020 Dilarang Bermain

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 49 2276308 flu-atau-suhu-badan-panas-pemain-klub-liga-1-2020-dilarang-bermain-E7s4YOCWVP.jpg Striker Persib Bandung, Wander Luiz pernah terpapar virus corona. (Foto/Persib Bandung)

JAKARTA – Liga 1 2020 akan kembali dilanjutkan pada 1 Oktober mendatang setelah dihentikan pada pertengahan Maret silam. Kompetisi jika berjalan sesuai jadwal akan berlangsung hingga 28 Februari 2021.

PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1 2020 menyatakan bahwa kompetisi akan dilangsungkan dengan mengikuti protokol super ketat. Mereka memastikan bahwa pemain yang terindikasi terinfeksi Covid-19 tidak boleh mengikuti pertandingan.

Foto/Persija Jakarta

Direktur PT LIB, Akhmad Hardian Lukita dalam press conference Liga 1 2020 secara vitual, Jumat (11/9/2020) menyampaikan bahwa setiap pemain akan mengikuti tes kesehatan sebelum pertandingan. Ia bahkan menegaskan jika ada pemain yang mengidap flu, dipastikan tidak boleh ikut berlaga.

Baca juga: Liga 1 2020, Klub dari Luar Jawa Dapat Fasilitas Hotel Gratis

“Protokol sangat ketat. Bukan berarti main bola asal. Akan ada tes kesehatan pemain sebelum permainan, di home base klub, sebelum laga tandang. Jika ada pemain yang flu tidak boleh ikut. Hindari secekil mungkin adanya covid. (Suhu) pemain panas sedikit, tidak boleh bermain,” tuturnya.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI), Yunus Nusi, menambahkan bahwa PSSI bersama PT LIB telah memiliki Satuan Tugas Gugus Tugas khusus penanganan Covid-19. Ia pun mengaku pihaknya telah memiliki protokol kesehatan yang diadopsi dari Liga Jerman dan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

“PSSI dan PT LIB telah membuat protokol kesehatan yang hampir sempurna. Ini diadopsi dari Liga Jerman, WHO, FIFA, Kemenkes dan AFC. Kita adposi menjadi dua buku,” ungkap dia yang ikut dalam press conference.

“Protokol sudah sangat jelas, hal apa saja yang dilakukan LIB saat pertandingan ada kasus virus corona. Ada begitu banyak opsi protokol yang telah direkayasa LIB, sehingga jika ada satu pemain klub terpapar virus corona, PT LIB telah mengantisipasi. Regulasi sudah diatur," papar Yunus.

Liga 1 2020 sebelum dihentikan pada pertengahan Maret silam telah memainkan tiga laga. Namun, khusus Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya baru memainkan dua laga.

Semua laga Liga 1 2020 nantinya akan dihelat dengan menerapkan protokol kesehatan yang super ketat. Lukita menjelaskan bahwa semua pertandingan akan dilangsungkan tanpa adanya penonton.

Persib Bandung sejauh ini memimpin klasemen sementara Liga 1 2020. Tim Maung Bandung berhasil mendapatkan sembilan poin dari tiga kali meraih kemenangan.

Berikut daftar sementara kandang kontestan Liga 1 2020:

1. Bhayangkara FC (Stadion PTIK, Jakarta)

2. Persib Bandung (Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung)

3. PSIS Semarang (Stadion Citarum, Semarang)

4. PSS Sleman (Stadion Maguwoharjo, Sleman)

5. Persiraja Banda Aceh (Stadion Maguwoharjo, Sleman)

6. Borneo FC (Stadion Maguwoharjo, Sleman)

7. PSM Makassar (Stadion Maguwoharjo, Sleman)

8. Bali United (Stadion Sultan Agung, Bantul)

9. Persija Jakarta (Stadion Sultan Agung, Bantul)

10. Persela Lamongan (Stadion Surajaya, Lamongan)

11. Persik Kediri (Stadion Brawijaya, Kediri)

12. Arema FC (Stadion Kanjuruhan, Malang)

13. Madura United (Stadion Gelora Delta, Sidoarjo)

14. PS TIRA (Stadion Pakansari, Bogor)

15. Persita Tangerang (Stadion Sport Centre, Tangerang)

16. Persebaya Surabaya (Stadion Gelora Delta, Sidoarjo)

17. Barito Putera (Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta)

18. Persipura Jayapura (Stadion Gajayana, Malang).

(Ram)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini