Kenangan Alfred Riedl, Sempat Bawa Timnas Indonesia Unggul atas Uruguay

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 51 2274830 kenangan-alfred-riedl-sempat-bawa-timnas-indonesia-unggul-atas-uruguay-hdMoxlUcy7.jpg Riedl saat masih menangani Timnas Indonesia. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

WINA – Pelatih yang sempat menangani Tim Nasional Indonesia dalam tiga periode, Alfred Riedl, meninggal dunia pada Senin 7 September 2020 malam WIB. Juru taktik 70 tahun itu meninggal dunia karena didiagnosa menderita penyakit kanker.

Selama tiga periode menangani Timnas Indonesia, ada tiga pencapaian Riedl yang melekat di hati pencinta sepakbola Indonesia. Dua pencapaian awal yakni keberhasilan eks pelatih Vietnam itu mengantarkan skuad Garuda Nusantara lolos ke final Piala AFF 2010 dan 2016.

Riedl

Sayangnya di partai puncak, Indonesia kalah dari Malaysia (2-4, 2010) dan Thailand (2-3, 2016). Meski kalah, permainan Indonesia layak diapresiasi karena sanggup mengalahkan tim-tim mapan di babak sebelumnya.

Di Piala AFF 2010, Timnas Indonesia sempat mengalahkan Malaysia 5-1 dan membungkam Thailand 2-1. Kemudian di Piala AFF 2016, Indonesia menyingkirkan Vietnam di babak semifinal dengan agregat 4-3.

Sekadar informasi, Vietnam saat itu difavoritkan menjadi juara Piala AFF 2016. Terbukti kelar Piala AFF 2016, prestasi sepakbola Vietnam meningkat, termasuk menjuarai Piala AFF 2018 dan menembus final Piala Asia U-23 dan semifinal Asian Games 2018.

Selain dua hal di atas, ada satu pencapaian yang pernah dbuat Riedl bersama Timnas Indonesia. Pria asal Austria ini sempat membuat pencinta sepakbola Tanah Air berharap banyak kepada skuad Garuda saat bersua semifinalis Piala Dunia 2010, Uruguay, di Stadion Gelora Utama Bung Karno pada Jumat 8 Oktober 2010.

Kala itu, Riedl menurunkan pola 4-4-2. Di sektor penjaga gawang, ada nama Markus Haris Maulana. Kemudian, empat bek sejajar diisi Benny Wahyudi, Maman Abdurahman, Nova Arianto dan Tony Sucipto.

BACA JUGA: Selain Indonesia, Alfred Riedl Punya Hubungan Emosional dengan Vietnam

Kemudian, empat gelandang diisi Muhammad Nasuha, Ahmad Bustomi, Firman Utina dan Muhammad Ridwan. Untuk juru gedor, ada nama Boaz Solossa dan Bambang Pamungkas.

Di kubu tamu, Uruguay racikan Oscar Tabarez hampir memainkan seluruh pemain terbaiknya, minus kiper Fernando Muslera dan Diego Forlan. Meski tidak diperkuat dua nama di atas, Los Celeste –julukan Uruguay– masih mempunyai sejumlah nama personel seperti Luis Suarez dan Edinson Cavani.

Riedl

Meski dihadapkan dengan Suarez yang kala itu berseragam Ajax Amsterdam dan Cavani (Palermo), Indonesia tidak minder. Skuad Indonesia unggul lebih dulu lewat sepakan Boaz Solossa pada menit 18.

Saat itu, umpan terobosan Bambang Pamungkas diterima dengan apik oleh Boaz. Penyerang Persipura Jayapura itu pun dengan tenang membobol gawang Uruguay setelah melewati penjaga gawang mereka, Juan Castillo.

Pada akhirnya, Indonesia memang kalah 1-7 dari Uruguay setelah Cavani dan Suarez mencetak hattrick, serta satu gol dari Walter Gargano. Meski kalah, skuad racikan Riedl menunjukkan mereka berani menyerang meski dihadapkan tim sekelas Uruguay.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini