Share

Cetak 101 Gol untuk Portugal, Cristiano Ronaldo Jauh Tinggalkan Messi

Ramdani Bur, Okezone · Rabu 09 September 2020 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 51 2274809 cetak-101-gol-untuk-portugal-cristiano-ronaldo-jauh-tinggalkan-messi-t6MYUiH9nh.jpg Ronaldo dan Pepe bantu Portugal menang 2-0 atas Swedia. (Foto: @UERO2020)

SOLNACristiano Ronaldo memborong semua gol Portugal saat menang 2-0 atas Swedia di matchday kedua Grup A3 UEFA Nations League 2020-2021, Rabu (9/9/2020) dini hari WIB. Dua gol Ronaldo dalam laga itu dicetak pada menit 44 dan 72.

Brace (dua gol) yang dibuat Ronaldo dalam laga tersebut membuat pesepakbola 35 tahun itu mencetak milestone. Ia menjadi pesepakbola kedua setelah Ali Daei (Iran) yang mengemas 100 gol bersama tim nasional.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-19 Tumbang 1-7 dari Kroasia

Cristiano Ronaldo

Gol yang dicetak ke gawang Swedia merupakan yang ke-100 dan 101 dicetak Ronaldo untuk Seleccao das Quinas –julukan Portugal. Saat ini Ronaldo hanya terpaut delapan gol dari Ali Daei yang tercatat sebagai pesepakbola dengan gol terbanyak di level tim nasional.

Hal itu menunjukkan Ronaldo tak hanya tajam di level klub, namun juga tim nasional. Lantas, bagaimana dengan perolehan gol rival abadi Cristiano Ronaldo yakni Lionel Messi di tim nasional?

Saat ini, Messi yang berpaspor Argentina baru mengoleksi 70 gol dari 138 pertandingan bersama La Albiceleste –julukan Argentina. Jika koleksi golnya dibandingkan dengan pesepakbola lain di seluruh dunia, Messi hanya menempati urutan ke-15.

BACA JUGA: Cetak 101 Gol, Cristiano Ronaldo Cuma Kalah dari Pemain Ini

Berhubung masih aktif, Messi masih berkesempatan memperbaiki posisinya. Sebab di luar Cristiano Ronaldo, pesepakbola yang mencetak gol lebih banyak ketimbang Messi semuanya telah memutuskan gantung sepatu.

Kubu Messi menilai, La Pulga –julukan Messi – kalah dari Ronaldo karena jumlah laga yang dijalaninya bersama Argentina jauh lebih sedikit ketimbang Ronaldo bareng Portugal. Messi sejauh ini baru 138 kali membela Argentina, sedangkan Ronaldo mengemas 165 penampilan.

Jorge Messi

Namun, rataan gol bisa jadi pembuktian siapa yang lebih hebat antara Ronaldo dan Messi. Saat ini, rataan gol Ronaldo masih lebih baik ketimbang Messi di level tim nasional.

Dari 165 pertandingan, Ronaldo mengoleksi 101 gol. Jika drata-rata, koleksi gol Ronaldo mencapai 0,61 gol per laga. Capaian itu masih lebih baik ketimbang Messi yang hanya mencatatkakn rata-rata 0,51 gol per pertandingan.

Terlepas dari itu, baik Messi dan Ronaldo layak disematkan sebagai pesepakbola terbaik yang pernah beredar di muka bumi. Koleksi trofi Ballon dOr yang mencapai 11 (jika diakumulasikan) menjadi bukti sahih kehebatan Ronaldo dan Messi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini