Alfred Riedl Meninggal Dunia, Ini Perjalanan Kariernya saat Melatih Timnas Indonesia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 51 2274619 alfred-riedl-meninggal-dunia-ini-perjalanan-kariernya-saat-melatih-timnas-indonesia-xoCpIU5mLd.jpg Afred Riedl. (Foto/PSSI)

JAKARTA – Sepakbola Indonesia berduka. Eks pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Alfred Riedl meninggal di negara asalnya, Austria. Riedl meninggal pada Senin 7 September 2020 waktu setempat.

Menyitir media Austria, Kurier, Selasa (8/9/2020) Riedl meninggal karena sakit kanker. Ia ditemani istrinya, Jola yang bersamanya hingga akhir hayat. Riedl meningal dunia dalam usia 70 tahun.

Foto/Wikimedia Commons

Karier kepelatihan Riedl bersama Timnas dimulai pada 4 Mei 2010. Dia langsung menjadi pelatih untuk dua tim tim sekaligus, Timnas Indonesia Senior sekaligus Timnas Indonesia U-23.

Hanya beberapa bulan mengasuh Timnas Indonesia, Riedl membawa anak asuhnya menuju final Piala AFF 2010 di Malaysia. Timnas Indonesia memang bermain apik sejak fase gugur.

Mereka menghancurkan Malaysia dengan skor 5-1. Kemudian di laga kedua saat melawan Laos, Timnas Indonesia menang dengan skor 6-0. Timnas Indonesia berhasil meraih poin sempurna di fase penyisihan usai mengandaskan Thailand dengan skor 2-1.

Foto/PSSI

Menuju semifinal, Timnas Indonesia menghadapi Filipina yang menjadi kuda hitam dalam turnamen saat itu. Namun, tim asuhan Riedl berhasil mengalahkan lawan mereka di laga tandang maupun kandang dengan skor 1-0.

Timnas Indonesia kemudian bertemu Malaysia di partai puncak mereka kembali bertemu Malaysia. Sayangnya, Timnas Indonesia hancur saat bermain di kandang lawan dengan skor 3-0. Ketika laga kandang, Indonesia menang dengan skor 2-1, namun skor agregat 4-2 membuat Malaysia berhak menjadi juara Piala AFF 2010.

Pada 13 Juli 2011, Riedl meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Ia pergi ke Laos untuk menjadi direktur teknik.

Setelah menjadi direktur pengembangan pemain muda klub Belgia, Vise pada 2012 Riedl kembali menjabat pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2013. Ia menandatangi kontrak selama selama 3 tahun.

Namun, kursi kebersamaan Riedl tidak selesai hingga kontraknya habis. Dia dipecat setelah gagal membawa Timnas Indonesia lolos dari fase grup Piala AFF 2014 .

Setelahnya, Riedl memilih PSM Makassar pada awal 2015 untuk menjabat pelatih. Hanya saja dia mengundurkan diri pada April tahun yang sama karena masalah kesehatan. Bahkan dia mundur sebelum Liga Indonesia dimulai. 

Setahun berselang, Riedl kembali dipercaya menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 2016 dengan kontrak satu tahun. Dia lagi-lagi membawa Indonesia ke final Piala Suzuki AFF 2016. Namun, lagi-lagi Indonesia kalah di partai puncak.

Bermain sebagai tuan rumah terlebih dahulu, Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1. Punya modal kemenangan membuat Indonesia hanya perlu bermain imbang saat laga tandang.

Hanya saja, Thailand berhasil mencetak dua gol tanpa ada balasan dari Timnas Indonesia. Indonesia kalah agregat 2-3 dari Thailand di final.

Riedl tak lagi menjadi pelatih Timnas Indonesia, karena kontraknya tak diperpanjang Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini