5 Pesepakbola Top Dunia yang Pernah Bertanding di Indonesia

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 51 2258418 5-pesepakbola-top-dunia-yang-pernah-bertanding-di-indonesia-oLsZ666AKd.jpeg Stadion Utama Gelora Bung Karno (Foto: Rivan Nasri/Okezone)

PRESTASI sepakbola Indonesia memang masih jauh dari kata memuaskan. Meski begitu, bukan berarti tak ada pesepakbola top dunia yang mengunjuni Tanah Air untuk bertanding.

Pada faktanya, masyarakat Indonesia merupakan salah satu fanbase terbesar bagi klub-klub papan atas dunia. Itulah mengapa mereka tak ragu mengunjungi Indonesia untuk menyapa para fans sekaligus melangsungkan pertandingan persahabatan.

Berikut ini adalah sederet pesepakbola top dunia yang pernah bertanding di Indonesia:

5. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo

Bintang sepakbola Italia, Andera Pirlo, pernah bertanding di Indonesia pada 6 Agustus 2014. Kala itu, Tevez mengunjungi Indonesia bersama skuad Juventus. Mereka tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Selain Tevez, nama-nama beken seperti Gianluigi Buffon, Carlos Tevez, Leonardo Bonucci, hingga Paul Pogba pun ikut berlaga. Hasilnya, Juventus menang dengan skor telak 8-1. Pirlo sendiri menyumbang satu gol dalam pertandingan tersebut.

4. Eden Hazard

Eden Hazard

Pada 25 Juli 2013, Chelsea pernah mendatangi Tanah Air untuk bertanding melawan Indonesia All Stars. Pertandingan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Chelsea yang masih ditangani Jose Mourinho pada saat itu tampil dengan sejumlah pemain bintangnya seperti Eden Hazard, John Terry, Demba Ba, hingga Romelu Lukaku. Tim berjuluk The Blues itu meraih kemenangan besar dengan skor 8-1.

3. David Beckham

David Beckham

Mantan kapten Timnas Inggris, David Beckham, ternyata pernah merasakan juga atmosfer Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Pada 30 November 2011, Beckham yang masih membela LA Galaxy turut tampil saat menghadapi Indonesia Selection.

Selain Beckham, LA Galaxy kala itu juga diperkuat oleh London Donovan dan Robbie Keane. LA Galaxy memang memenangkan pertandingan itu dengan skor 1-0, namun Beckham dibuat terkesan oleh aksi Andik Vermansyah. Tak ayal, selepas pertandingan, Beckham dan Andik pun bertukar seragam.

2. Olivier Giroud

Olivier Giroud

Pada 14 Juli 2013, Arsenal pernah menyambangi Tanah Air untuk melakoni laga persahabatan melawan Indonesia Dream Team. Stadion Utama Gelora Bung Karno kembali digunakan untuk menjadi venue pertandingan.

Arsenal kala itu tampil dengan pemain-pemain bintangnya, seperti Olivier Giroud, Theo Walcott, Aaron Ramsey, Lukas Podolski, hinga Mikel Arteta. Dengan materi pemain-pemain top tersebut, tak mengherankan jika Arsenal menang telak 7-0. Giroud melesakkan dua gol di laga itu.

1. Toni Kroos

Toni Kroos

Pada Mei 2008, Bayern Munich mendatangi Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk berhadapan dengan Timnas Indonesia. Pada saat itu Bayern tampil dengan sederet pemain bintangnya seperti Toni Kroos, Oliver Kahn, hingga Mark van Bommel.

Timnas Indonesia pun dibuat menyerah dengan skor 1-5. Kroos melesakkan satu gol di laga tersebut. Sedangkan gol semata wayang Indonesia dibukukan oleh Bambang Pamungkas setelah menerima umpan silang Ellie Aiboy.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini