PSSI Siap Bantu Pemain Timnas Indonesia yang Ingin Main Sepakbola sambil Kuliah

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 49 2258124 pssi-siap-bantu-pemain-timnas-indonesia-yang-ingin-main-sepakbola-sambil-kuliah-3VNdmtHQOV.jfif Ketua PSSI Mochamad Iriawan bicara ke skuad Timnas senior dan Timnas U-19. (Foto/PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Sepakbola (PSSI), Mochamad Iriawan memastikan bahwa federasi tidak akan mempermasalahkan jika ada pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia, yang bermain sepakbola sambil kuliah.

Hal tersebut disampaikannya saat menemui skuad Timnas Senior dan Timnas U-19 yang sedang mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) di Jakarta.

Foto/PSSI

Ia menjelaskan bahwa PSSI akan memberikan fasilitas dan sarana terbaik untuk para pemain Timnas, namun sebaliknya penggawa Timnas Indonesia juga harus memberikan yang terbaik kepada negara.

Baca juga: PSSI Tak Ikut Campur Program Latihan Timnas Indonesia

Baca juga: Spasojevic Ungkap Alasan Belum Gabung TC Timnas Indonesia 

Pada kesempatan tersebut ia menekankan bahwa PSSI tidak akan abai dengan masa depan skuad Timnas yang ingin berkarier sepabagi sepakbola sembari melanjutkan pendidikan ke universitas.

“PSSI juga tidak menutup mata akan masa depan pemain Timnas, para pejuang yang bertarung menaikkan sang Merah Putih di tempat tertinggi. Untuk itu, bagi yang ingin kuliah, meneruskan pendidikan tinggi di Jakarta, sembari terus aktif bermain bola, kami akan bantu,” tutur Iriawan mengutip laman PSSI, Kamis (6/8/2020).

Iriawan juga mengingatkan agar para skuad tidak membeda-bedakan berdasarkan suku atau klub masing-masing saat latihan dan bertanding.

“Tegaskan bahwa kita adalah Indonesia yang satu. Tak lagi ada sekat-sekat daerah, suku, agama, dan juga asal klub masing-masing. Siapa kita? Indonesia!” tambah Iriawan.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan memulai latihan perdana pada Jumat, 7 Agustus 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta, setelah sempat tertunda karena menjalani tes usap (swab test) sebanyak dua tahap.

Timnas Senior menjalani latihan sebagai persiapan untuk mengikuti kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Timnas akan melawan tuan rumah Thailand (8 Oktober 2020), menjamu Uni Emirat Arab (13 Oktober 2020), dan tandang ke Vietnam (12 November 2020.

Foto/PSSI

Sementara Timnas U-19 digembleng di pemusatan latihan sebagai persiapan mengikuti Piala Asia U-19 2020, yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan.

Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Timnas U-19 juga dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20, di mana Indonesia menjadi tuan rumah pada 20 Mei-12 Juni 2021 mendatang. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini