Miliki Postur Tubuh yang Tak Ideal, Ake Dipercaya Tetap Gahar saat Duel Udara

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 45 2258215 miliki-postur-tubuh-yang-tak-ideal-ake-dipercaya-tetap-gahar-saat-duel-udara-OsJkGySQ47.jpg Nathan Ake resmi gabung Man City. (Foto: Twitter Man City)

MANCHESTER Manchester City telah mengumumkan bahwa Nathan Ake bakal bergabung dengan skuad The Citizens pada musim 2020-2021 mendatang. Ake dibeli Man City dari Bournemouth dengan harga 41 juta pounds atau sekira Rp789 miliar.

Tentunya kehadiran Ake bakal semakin memperkuat lini pertahanan tim asuhan Josep Guardiola tersebut. Apalagi penampilan Ake terbilang cukup baik meski ia gagal membantu Bournemouth lolos dari zona degradasi di musim ini.

Nantinya bek berusia 25 tahun itu diprediksi akan disandingkan dengan Aymeric Laporte untuk dijadikan dua bek tengah utama Man City di musim depan. Ake bakal meggantikan posisi John Stones dan Nicolas Otamendi yang tampaknya tak membuat Guardiola merasa puas.

Baca Juga: Ada Ferran Torres dan Ake, Ini Formasi Man City Musim Depan

Nathan Ake dan kekasihnya

Menariknya, banyak orang yang justru meragukan Ake layak menjadi bek utama Man City. Keraguan itu bukan karena kemampuannya, melainkan karena postur tubuh Ake yang dianggap tidak ideal.

Seperti yang diketahui, Ake adalah seorang bek tengah dengan postur tinggi 180 cm. Untuk seorang bek sentral, ukuran tubuh tersebut jelas tidak ideal untuk bek tengah. Karena rata-rata bek tengah biasanya di atas 180 cm.

Terbukti dengan ukuran tubuh seperti itu, Ake kini menjadi bek tengah terpendek di Man City. Rata-rata bek Man City memiliki tinggi di atas 183 cm. Bahkan Laporte saja memiliki postur tubuh sampai 190 cm.

Hal itulah yang membuat banyak pihak ragu Ake bisa tampil baik bersama Man City, apalagi jika melakukan duel udara. Namun, hal tersebut langsung dibantah oleh mantan bek Man City, Kolo Toure.

Menurut Toure, Ake adalah pemain yang cerdas. Sebab meski memiliki tubuh yang tak terlalu tinggi, namun Toure melihat Ake mampu melompat dengan waktu yang tepat. Dengan ketepatan waktu tersebut, Toure percaya soal duel udara Ake tidak akan kalah.

Aksi Nathan Ake saat berduel dengan Salah

“Saat Anda ingin melompat, Anda harus memastikan bahwa Anda membaca bola dengan sangat baik dan menyerang pada waktu yang tepat. Dia (Ake) memilki kemampuan itu. Dia pemain yang sangat cerdas. Salah satu kesulitan (bek tengah) di Liga Inggris adalah (mengantisipasi) bola-bola panjang. Tapi, jika Anda mengatur waktu lompatan dengan baik, Anda bisa memenangkan bola,” ungkap Toure, dikutip dari Goal, Kamis (6/8/2020).

“Selain itu, yang terpenting adalah [koordinasi dengan] pemain di sekitar Anda. Mereka harus memastikan bahwa Anda mungkin kalah dalam duel udara. Tapi, itu tidak akan menjadi masalah baginya,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini