Mohamed Ali Amar, Pemain Muslim Pertama yang Merumput di Liga Inggris

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 51 2257551 mohamed-ali-amar-pemain-muslim-pertama-yang-merumput-di-liga-inggris-5cI6el2b0p.jpeg Mohamed Ali Amar atau Nayim menjadi pemain muslim pertama di Liga Inggris. (Foto: DhakaTribune)

PESEPAKBOLA muslim saat ini sudah cukup banyak yang mencoba peruntungan di kompetisi Liga Inggris. Beberapa nama bahkan cukup terkenal, seperti halnya Mesut Ozil, Ngolo Kante, Paul Pogba, Riyad Mahrez, Mohammed Salah, Sadio Mane, dan masih banyak lagi.

Pemain-pemain tersebut berhasil membawa agama islam dengan sangat baik ke Tanah Inggris karena perilaku mereka pun bisa dikatakan mencerminkan seorang muslim yang taat. Seperti halnya Mane dan Salah yang sering beramal, Ozil yang kerap kali berdoa sebelum bertanding, Pogba yang sering melakukan ibadah umrah, dan beberapa hal lainnya.

Baca Juga: Meski Seorang Muslim Mesut Ozil Miliki Tato, Ini Maknanya

Mohamed Ali Amar atau Nayim

Tapi, tahukah Anda siapakah kira-kira pesepakbola muslim pertama yang tampil di Liga Inggris? Jawabannya adalah Mohamed Ali Amar. Ali Amar adalah pesepakbola asal Spanyol yang diketahui adalah seorang muslim.

Pemain yang lebih dikenal dengan nama Nayim itu bermain di Liga Inggris pada era 1988-1993. Lima tahun di Liga Inggris, Nayim berkesempatan salah satu klub besar di London, yakni Tottenham Hotspur.

Lebih menariknya lagi, ternyata Nayim adalah jebolan dari akademi Barcelona. Jadi, sebelum bermain bersama Tottenham, Nayim sebelumnya sudah bermain terlebih dahulu bersama skuad senior Barcelona selama kurang lebih setahun lamanya.

Nayim memang hanya lima tahun bersama Tottenham, namun namanya akan tetap dikenang sebagai pesepakbola muslim pertama yang merumput di Liga Inggris. Apalagi selama di Tottenham, Nayim berhasil membantu klub tersebut meraih dua gelar juara, yakni Piala FA dan Community Shield pada 1991.

Setelah lima tahun di Liga Inggris, Nayim kembali ke Spanyol untuk bergabung bersama Real Zaragoza pada musim panas 1993. Bersama Zaragoza, Nayim kembali berkontribusi untuk membantu timnya meraih gelar juara. Kali ini Nayim mampu membantu Zaragoza memenangkan trofi Liga Spanyol 1993-1994.

Mohamed Ali Amar atau Nayim

Nayim pun beberapa tahun kemudian memutuskan pensiun di Logrones pada 1 Juli 1999. Setelah pensiun Nayim sempat mencoba peruntungan di dunia kepelatihan, tepatnya ia menjadi seorang asisten manajer dari Zaragoza pada 2009 silam.

Akan tetapi, Nayim hanya bertahan setahun saja dan saat ini ia sudah tak aktif lagi di dunia sepakbola. Begitulah kurang lebih perjalanan seoran Nayim atau Mohamed Ali Amar, seorang pesepakbola muslim pertama di Liga Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini