5 Klub Paling Sukses di Inggris, Man United Bukan yang Teratas

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 45 2256091 5-klub-paling-sukses-di-inggris-man-united-bukan-yang-teratas-JLvph5lwsb.jpg Arsenal juara Liga Inggris 2003-2004. (Foto/Premier League)

INGGRIS merupakan tempat kelahiran sepakbola modern dan telah menghasilkan sejumlah klub yang kuat dan legendaris dalam sejarah.

Beberapa klub sepakbola di Inggris pernah mengalami fase berada di puncak, namun beberapa klub mengalami penurunan dan serta tidak berhasil bangkit.

Sejak Liga Inggris masuk dalam era Liga Primer (Premier League) pada 1900-an, ada enam klub yang disebut enam besar mendominasi Liga Inggris.

Klub seperti Liverpool dan Manchester United mendominasi akhir abad ke-20, sementara Manchester City juga mengalami kebangkitan sejak pergantian abad dan hampir selalu mengangkat trofi piala turnamen domestik.

Sedangkan klub-klub Inggris lainnya, seperti Nottingham Forest dan Blackburn Rovers kesulitan dalam era Premier League. Bahkan mereka masih berjuang di kasta kedua Liga Inggris (Divisi Championship).

Berikut 5 klub sukses di tanah Inggris:

5. Aston Villa 21 Trofi

Selain menjadi salah satu klub tertua di Inggris, Aston Villa juga membangun warisan sukses yang kaya dan berada di urutan kelima dalam daftar klub paling sukses di Inggris.

Sebagian besar kesuksesan Lions—julukan Aston Villa—terjadi pada akhir abad ke-19.

Foto/The Sun

Aston Villa juga mengalami periode kesuksesan singkat di awal 1980-an. Di bawah pelatih legendaris, Ron Saunders, klub asal Birmingham ini, memenangkan gelar juara Liga Inggris 1980-1981 dan Piala Eropa pada tahun berikutnya.

Baca juga: 5 Pesepakbola yang Pernah Menangkan Trofi Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Dunia

Baca juga: 5 Klub yang Cetak Gol Paling Banyak di Kompetisi Domestik 2019-2020

Aston Villa juga telah memenangkan 7 gelar juara Liga Inggris yang luar biasa dan 7 Piala FA dalam sejarahnya.

4. Chelsea 25 Trofi

The Blues, Chelsea tidak menjadi raksasa Inggris hingga akhir 1990-an. Namun, kedatangan Ruud Gullit dan Gianfranco Zola dan serangkaian keputusan bisnis yang luar biasa membuat Chelsea mengalami kesuksesan.

Foto/Chelsea

Jose Mourinho menjadi pelatih yang membawa kesuksesan kepada Chelsea. Ia memberikan gelar juara Liga Inggris sebanyak tiga kali dan satu kali titel juara Piala FA.

Chelsea pada era ini juga menjadi adalah salah satu klub yang selalu lolos ke Liga Champions.

3. Arsenal 30 Trofi

Arsenal adalah klub asal London yang paling sukses dan telah menikmati beberapa era kejayaan dalam sejarahnya.

Foto/Arsenal

The Gunners telah mendominasi sepakbola Inggris pada 1930-an setelah Herbert Chapman memodernisasi Arsenal.

Pelatih legenda Arsenal, Arsene Wenger melambungkan nama klub menjadi salah satu klub terbaik di Eropa pada pergantian abad ke-21.

Pada musim Liga Inggris 2003-2004, pemain seperti Thierry Henry, Dennis Bergkamp dan Patrick Vieira, membuat Arsenal dijuluki The Invincibles, karena mereka tidak terkalahkan. Bahkan hingga saat ini, Arsenal satu-satunya tim yang tidak terkalahkan di Liga Inggris era Liga Premier.

2. Manchester United 44 Trofi

Boleh dibilang Man United merupakan salah satu klub sepakbola yang paling populer di dunia.

Man United sendiri telah meraih mahkota juara Liga Inggris sebanyak 20 kali gelar.

Foto/Premier League

Tim Man United pada 1960-an di bawah asuhan Sir Matt Busby, mengenalkan pemain seperti Bobby Charlton, Denis Law, dan George Best, yang kemudian menjadi legenda klub.

Setan Merah kemudian mengambil alih dominasi Liga Inggris sejak kedatangan Sir Alex Ferguson.

Sir Alex dibilang manajer terbesar dalam sejarah klub karena membuat Man United tetap berada di puncak klasemen selama hampir tiga dekade. Klub ini juga memiliki 12 trofi Piala FA dan 3 gelar Liga Champions UEFA.

1. Liverpool 45 Trofi

Dengan koleksi 45 trofi yang menakjubkan, Liverpool adalah klub paling sukses di Inggris.

Liverpool telah memenangkan 19 gelar liga dan merupakan klub Inggris paling sukses di Eropa dengan 6 trofi Liga Champions.

Foto/Liverpool

Para pemain Kenny Dalglish, Ian Rush, dan Steven Gerrard telah memberikan kenangan yang luar biasa selama bertahun-tahun.

Namun, Jurgen Klopp memberikan paling indah bagi Liverpool. Pelatih asal Jerman itu mempersembahkan gelar juara Liga Inggris 2019-2020 setelah penantian 30 tahun. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini