5 Klub yang Cetak Gol Paling Banyak di Kompetisi Domestik 2019-2020

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 51 2256052 5-klub-yang-cetak-gol-paling-banyak-di-kompetisi-domestik-2019-2020-aGwvaKPztB.jpg Liverpool (Foto: Premier League)

MUSIM 2019-2020 telah berakhir untuk liga-liga top Eropa. Liga berakhir dengan cara yang unik di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Kompetisi tetap berjalan hingga akhir sebagaimana mestinya, kecuali di Prancis yang menghentikan liga sebelum waktunya.

Sementara itu, kompetisi di Inggris, Spanyol, Italia, dan Jerman, bergulir hingga akhir. Tim-tim besar di keempat liga top Eropa itu tetap mampu tampil apik di tengah pandemi. Beberapa klub bahkan menuntaskan kompetisi dengan jumlah gol yang luar biasa. Berikut lima klub yang mencetak gol paling banyak di kompetisi domestik musim ini, menyadur dari Sportskeeda:

5. Liverpool (85 gol dalam 38 pertandingan)

Sadio Mane dan Mohamed Salah (Foto: Premier League)

Liverpool mengakhiri 30 tahun puasa trofi Liga Inggris dengan manis pada musim ini. The Reds –julukan Liverpool– tampil dominan sepanjang Liga Inggris berlangsung. Liverpool bisa seperti itu karena sangat tajam di depan gawang lawan.

Liverpool sudah membuat 85 gol dalam 38 pertandingan di Liga Inggris. Mayoritas gol-gol tersebut hadir dari aksi trio Mohamed Salah (19 gol), Sadio Mane (18 gol), dan Roberto Firmino (sembilan gol). Gol-gol itu membuat Liverpool mengoleksi 99 poin untuk menjadi kampiun Liga Inggris.

4. Barcelona (86 gol dalam 38 pertandingan)

Antoine Griezmann, Jordi Alba, dan Lionel Messi (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Barcelona norehkan satu gol lebih banyak daripada Liverpool. Blaugrana –julukan Barcelona– mencatatkan 86 gol dalam 38 pertandingan di Liga Spanyol. Sebanyak 25 gol Barcelona di antaranya adalah kreasi dari sang kapten, Lionel Messi. La Pulga –julukan Barcelona– pun jadi top skor Liga Spanyol untuk ketujuh kalinya.

Namun, ketajaman itu tidak membawa Barcelona menjuarai Liga Spanyol. Barcelona hanya mampu menyegel posisi kedua dengan koleksi 82 poin, tertinggal lima angka dari rival abadi mereka, Real Madrid, yang menjadi kampiun.

3. Atalanta (98 gol dalam 38 pertandingan)

Atalanta (Foto: Laman resmi Atalanta)

Atalanta jadi satu-satunya tim kecil dalam daftar ini. Tim asuhan Gian Piero Gasperini itu tampil luar biasa pada. Ketajaman Atalanta tidak bisa dipandang sebelah mata. La Dea –julukan Atalanta– mampu mencetak 98 gol di Liga Italia. Atalanta unggul 22 gol dari juara Liga Italia, Juventus.

Agresivitas Atalanta membawa mereka finis di posisi ketiga dengan koleksi 78 poin. Atalanta berada di belakang Inter Milan (82 poin) dan Juventus (83 poin). Meski tidak mendapatkan trofi domestik apa pun, Atalanta memiliki bekal bagus untuk mengarungi musim depan.

2. Bayern Munich (100 gol dalam 34 pertandingan)

Robert Lewandowski rayakan gol (Foto: Twitter/@FCBayernEN)

Posisi kedua menjadi milik juara Liga Jerman, Bayern Munich. FC Hollywood –julukan Bayern– sangat kejam di depan gawang lawan. Sebanyak 100 gol dibuat Bayern dalam 34 pertandingan.

Mayoritas gol Bayern dibuat oleh sang penyerang, Robert Lewandowski. Lewy –sapaan akrab Lewandowski– membuat 34 gol untuk Bayern. Jumlah gol itu membawa Lewandowski menjadi top skor Liga Jerman.

1. Manchester City (102 gol dalam 38 pertandingan)

Sergio Aguero (Foto: Premier League)

Manchester City gagal mempertahankan gelar juara Liga Inggris pada musim ini, tetapi tidak berarti pasukan Josep Guardiola itu tampil buruk. Man City jadi tim paling tajam di Liga Inggris dengan torehan 102 gol dalam 38 pertandingan.

Hampir setiap tim di Liga Inggris pernah menjadi lumbung gol Man City. The Citizens –julukan Man City– bahkan mengalahkan sang juara, Liverpool, 4-0 di Etihad Stadium pada pekan ke-32 Liga Inggris. Itu jadi bukti kehebatan Man City.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini