Piala Liga Prancis Tidak Akan Digelar Per Musim Depan

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 51 2255250 piala-liga-prancis-tidak-akan-digelar-per-musim-depan-bN8YnT33lv.jfif Thomas Tuchel dan trofi Piala Liga Prancis (Foto: Twitter/@PSG_Inside)

PARIS – Paris Saint-Germain (PSG) mengalahkan Olympique Lyonnais pada partai puncak Piala Liga Prancis 2019-2020. Kemenangan diraih PSG setelah melalui babak adu penalti di Stade de France, Sabtu (1/8/2020) dini hari WIB.

PSG pun meraih trofi Piala Liga Prancis kesembilannya. Les Parisiens –julukan PSG– adalah tim dengan koleksi Piala Liga Prancis terbanyak. Rekor itu sepertinya tidak akan dipecahkan oleh tim mana pun.

PSG (Foto: Twitter/@PSG_Inside)

Tim-tim lain kehilangan kesempatannya untuk memecahkan atau menyamai rekor PSG, karena Piala Liga Prancis tidak akan diadakan lagi per musim 2020-2021. LFP selaku federasi sepakbola Prancis telah mengumumkan itu pada September 2019 silam.

Lalu bagaimana dengan satu tempat di Liga Eropa yang didapatkan melalui Piala Liga Prancis? Tempat tersebut akan dialokasikan ke Liga Prancis. Keputusan ini diambil LFP untuk menambah waktu pemulihan para pemain yang berlaga di sepakbola Prancis.

BACA JUGA: PSG vs Lyon, Les Parisiens Juara Piala Liga Prancis Usai Lewati Drama Adu Penalti

Jika Piala Liga Prancis tetap diadakan, Prancis akan memiliki tiga kompetisi dalam satu musim. Kompetisi-kompetisi itu adalah Liga Prancis, Piala Prancis, dan Piala Liga Prancis. Keberadaan tiga kompetisi domestik akan sangat menguras energi para pemain.

Para pemain tidak memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan kondisi fisik, sehingga lebih rentan menderita cedera. Waktu memulihkan diri akan semakin sedikit ketika para pemain juga tampil di kompetisi Eropa.

LFP melihat fakta tersebut sebelum memutuskan untuk meniadakan Piala Liga Prancis. LFP berharap keputusan ini membantu tim-tim Prancis yang tampil di kompetisi Eropa sehingga bisa meraih prestasi lebih baik.

Prestasi tim-tim Prancis di kompetisi Eropa akan menambah koefisien Liga Prancis. Dengan begitu, jumlah tim dari Liga Prancis yang bisa tampil di kompetisi Eropa pun akan bertambah.

Meski begitu, peniadaan Piala Liga Prancis juga cukup disayangkan. Sebab, Piala Liga Prancis sudah ada sejak musim 1963. Piala Liga Prancis beberapa kali berganti format sebelum akhirnya menggunakan format yang sekarang sejak musim 1994-1995.

Tim-tim yang berpartisipasi dalam Piala Liga Prancis berasal dari tiga divisi teratas sepakbola Prancis. PSG keluar sebagai juara Piala Liga Prancis 1994-1995. Dominasi PSG terus berlangsung hingga Piala Liga Prancis terakhir.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini