Performa Timnas U-16 Menurun saat Uji Coba Kedua

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 49 2253789 performa-timnas-u-16-menurun-saat-uji-coba-kedua-z5eN8VdMaA.jpg Timnas Indonesia U-16. (Foto/PSSI)

BEKASI – Performa Tim Nasional Indonesia (Timnas) U-16 mengalami penurunan saat melakoni uji coba kedua melawan tim Bina Taruna U-18 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/7/2020). Timnas. Kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Ini adalah laga kedua Garuda Muda, setelah pada laga uji coba pertama, menang telak atas tim Asosiasi Kabupaten Bekasi U-18 dengan skor 5-0.

Foto/PSSI

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengatakan anak asuhnya mendapat pelajaran pada laga kedua tersebut. Ia menilai lawan memiliki pertahanan yang baik, dan kadang merepotkan barisan pertahanan Timnas U-16 yang dijaga Marcel Januar Putra, dan kawan-kawan.

"Yang pasti kualitas mereka lebih bagus dibandingkan lawan kami sebelumnya. Namun, di pertandingan ini saya akui pemain agak sedikit mengalami penurunan,” tuturnya mengutip laman PSSI, Rabu (29/7/2020).

“Pada laga ini juga, saya mencoba beberapa pemain yang di pertandingan sebelumnya tidak bermain. Tujuannya, agar semua pemain bisa merasakan atmosfir pertandingan. Saya rasa, mereka semua mengalami perkembangan yang cukup baik sejauh ini."

Baca juga: Timnas Indonesia U-16 Akan Jalani Latihan Normal Mulai Pekan Depan

Baca juga: Timnas Indonesia U-16 Berencana Jalani Uji Coba di Luar Negeri

Foto/PSSI

Sementara itu, menurut gelandang Timnas U-16, Muhammad Valeron, laga kali ini dirasa kurang memuaskan. Ia menilai timnya harus berlatih dan tampil lebih maksimal dalam laga uji coba selanjutnya.

"Alhamdulillah apapun hasilnya, saya bersyukur, meskipun kurang memuaskan, tapi Insyaallah di TC berikutnya saya dan teman-teman akan berlatih dan tampil di pertandingan lebih baik lagi dari yang sekarang," tuturnya.

"Saya juga berharap, pandemi Covid-19 ini segera tuntas. Meskipun begitu, kami tidak masalah, karena saya dan kawan-kawan tertib, patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan yang sudah diterapkan oleh dokter tim," tambah dia.

Uji coba kedua merupakan penutup rangkaian pemusatan latihan bagi Timnas U-16 di Bekasi. Mereka akan mengadakan kembali kegiatan ini bulan depan.

"Insyaallah di tanggal 9 Agustus 2020 nanti kami akan kembali mengadakan pemusatan latihan," ujar Bima.

Timnas U-16 melakukan latihan untuk menghadapi Piala Asia  U-16 pada 25 November hingga 12 Desember 2020. Alexandro Felix Kamuru dan kawan-kawan berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.

Empat tim semi final Piala AFC U-16 2020 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru. Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini