Ratu Tisha Resmi Mundur sebagai Anggota Komite Kompetisi AFC

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 05:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 51 2251819 ratu-tisha-resmi-mundur-sebagai-anggota-komite-kompetisi-afc-NdDFEw8SR2.jpeg Ratu Tisha mundur dari jabatannya di AFC (Foto: PSSI)

JAKARTA – Perjalanan Ratu Tisha Destria sebagai anggota Komite Kompetisi Federasi Sepakbola Asia (AFC) berakhir. Perempuan berusia 34 tahun itu resmi mengajukan pengunduran diri pada Jumat 24 Juli 2020 lewat surat kepada pihak federasi.

Seperti diketahui, Ratu Tisha sudah lebih dulu mengundurkan diri dari jabatan sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI pada April 2020. Ia memilih mengundurkan diri setelah mendapat kritik tajam saat PSSI melakukan audiensi dengan Komisi X DPR RI beberapa waktu sebelumnya.

Meski mundur dari jabatan di PSSI, Ratu Tisha masih mengemban amanat di AFF (Federasi Sepakbola Asia Tenggara) dan AFC. Kini, kedua jabatan tersebut dilepasnya. Lewat akun Instagram @ratu.tisha, ia menyampaikan pengunduran diri.

Baca juga: Timnas Indonesia U-16 Menang Besar, Bima Sakti Ingin Lawan Berikutnya Lebih Baik

Ratu Tisha diangkat sebagai Wakil Presiden AFF (Foto: Twitter/@AFFPresse)

“Surat apresiasi & personal message telah saya terima dari AFC. Dengan demikian, saya pamit dari posisi Anggota Komite Kompetisi AFC,” ujar Ratu Tisha dalam unggahan di akun Instagram, Sabtu (25/7/2020).

Perempuan berdarah Banten itu sudah mengajukan pengunduran diri sejak Juni 2020. Namun, baru pada 23 Juli 2020, pihak AFC memenuhi permohonan dari Ratu Tisha. Pihak federasi juga menyetujui pengganti yang tetap berasal dari Indonesia serta memiliki jabatan dari PSSI.

“Posisi Komite Kompetisi AFC bersifat Ex officio dari federasi, diajukan oleh federasi disetujui oleh AFC. Melalui persaingan ketat, kesempatan telah didapatkan oleh Indonesia, bukan oleh Ratu Tisha. Saat ini Indonesia sudah menjadi bagian dari suara Komite Kompetisi AFC,” lanjutnya.

Ratu Tisha merupakan wanita pertama dalam sejarah yang menjabat Sekjen PSSI sejak berdiri pada 19 April 1930. Jabatan tersebut didapat melalui tes kelayakan ketika PSSI dipimpin oleh Ketua Umum Edy Rahmayadi. Ia dilantik pada 9 Juli 2017.

Selama berada di lingkungan PSSI, Ratu Tisha memiliki andil cukup besar dalam memajukan sepakbola Tanah Air, terutama pada kompetisi usia dini. Setelah berkiprah selama hampir tiga tahun, ia mengundurkan diri dengan kehendak pribadi pada April lalu.

Posisinya kini digantikan oleh Yunus Nusi dengan status pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI. Sampai berita ini diturunkan, belum ada keputusan atau kabar terbaru terkait posisi sekjen permanen setelah pengangkatan Yunus Nusi.

Untuk sementara ini, nama Ratu Tisha Destria masih tercantum pada situs resmi AFC sebagai salah satu anggota Komite Kompetisi. Begitu juga dengan statusnya sebagai salah satu dari tiga Wakil Presiden AFF serta anggota komite kompetisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini