Timnas Indonesia U-16 Menang Besar, Bima Sakti Ingin Lawan Berikutnya Lebih Baik

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 51 2251769 timnas-indonesia-u-16-menang-besar-bima-sakti-ingin-lawan-berikutnya-lebih-baik-dSqSlPmxVK.jpg Timnas Indonesia menang telak 5-0 (Foto: PSSI)

BEKASI – Hasil positif mampu dicatatkan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 saat beruji coba dengan tim Asosiasi Kabupaten Bekasi U-18. Anak asuh Bima Sakti sukses menghajar lawan dengan skor telak 5-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat 24 Juli 2020 sore WIB.

Pertandingan tersebut merupakan uji coba pertama bagi Timnas Indonesia U-16 selama pemusatan latihan (TC) yang sebelumnya terhenti akibat pandemi Covid-19. Sebelum bertanding, Tim Asosiasi Kabupaten Bekasi U-18 diminta mengikuti rapid test sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Sepanjang pertandingan, Timnas Indonesia U-16 sama sekali tidak mengendurkan tekanan. Kelima gol disumbangkan oleh Marcel Januar Putra (30’), Ahmad Athallah Araihan (40’), Franciscus Valentino Amaral (48’), serta Wahyu Agong Drajat Mulyono (69’ dan 73’).

Baca juga: Timnas Indonesia U-16 Berencana Jalani Uji Coba di Luar Negeri

Timnas Indonesia U-16 beruji coba di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Foto: PSSI)

Bima Sakti mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya. Kendati sudah lama tidak berlaga, kinerja para pemain sudah cukup bagus. Ia menekankan, hasil akhir bukan sesuatu yang dicari, melainkan apakah pemain sudah paham dengan metode permainan yang diinginkan atau tidak.

“Saya puas dengan kinerja pemain, meski sudah lama mereka tidak bermain. Progres mereka sejauh ini bisa memberikan permainan terbaik, berusaha memberikan yang terbaik, dan maksimal,” papar Bima Sakti seusai laga, dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (25/7/2020).

“Alhamdulillah, kita bisa bermain sesuai dengan metode permainan yang kita mau. Hasil bukan yang saya cari di sini. Saya berharap progres mereka bisa lebih baik lagi nantinya,” tukas mantan pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tersebut.

Setelah pertandingan ini, Bima Sakti dan tim pelatih sudah mengagendakan beberapa kali uji coba. Ia berharap, lawan uji coba mendatang, Bina Taruna U-18, dapat memberikan banyak pelajaran yang berguna bagi Garuda Asia.

“Rencananya kami akan kembali mengagendakan uji coba melawan, kalau tidak ada halangan Selasa 28 Juli 2020, melawan Bina Taruna U-18. Semoga mereka bisa mempersiapkan timnya dan memberikan pelajaran ke kami,” tutup lelaki berusia 44 tahun tersebut.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 dipersiapkan untuk mengikuti Piala Asia 2020 pada 25 November hingga 26 Desember mendatang di Bahrain. Mereka tergabung dalam Grup D yang diisi tim-tim papan atas Benua Kuning, yakni Arab Saudi, China, dan Jepang.

Timnas Indonesia U-16 tentu berharap dapat lolos ke hingga babak semifinal. Sebab, empat tim yang lolos ke semifinal berhak mengantongi tiket menuju putaran grup Piala Dunia U-17 2021 di Peru. Indonesia merupakan satu-satunya peserta dari Asia Tenggara pada ajang Piala Asia U-16 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini