Arsenal vs Liverpool, Klopp Sebut The Gunners Berbeda di Bawah Asuhan Arteta

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 00:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 45 2246478 arsenal-vs-liverpool-klopp-sebut-the-gunners-berbeda-di-bawah-asuhan-arteta-VAAOJocn0G.jpg Mikel Arteta (Foto: Twitter/@Arsenal)

LONDON – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menilai Arsenal berbeda setelah diasuh Mikel Arteta. Klopp menyebut Arteta adalah bagian dari generasi pelatih baru yang membawa ide-ide segar ke dalam Arsenal.

Sanjungan itu Klopp berikan jelang petemuan kedua tim pada pekan ke-36 Liga Inggris 2019-2020 di Emirates Stadium, Kamis 16 Juli 2020 dini hari WIB. Sanjungan itu Klopp sampaikan dengan tulus, setelah melihat perubahan permainan The Gunners –julukan Arsenal– sejak Arteta datang.

Jurgen Klopp (Foto: Liverpool)

Arteta resmi mengasuh Arsenal pada 22 Desember 2019. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di komplek latihan Arsenal, Arteta perlahan-lahan membenahi masalah-masalah yang The Gunners –julukan Arsenal– miliki.

Arteta bukahlan penyihir sehingga permainan Arsenal tidak langsung membaik. Konsistensi masih jadi masalah utama dari pasukan Arteta tersebut. Akan tetapi, permainan The Gunners sekarang setidaknya lebih baik daripada era Arteta.

Klopp pun melihat perubahan yang Arteta buat di Arsenal. Klopp mengakui perkembangan permainan Arsenal yang sekarang mampu mendominasi penguasaan bola. Klopp meihat Arsenal asuhan Arteta sedikit-banyak memainkan permainan yang mirip dengan Manchester City.

BACA JUGA: Manchester United Kedua Terburuk soal Rasio Kebobolan dari Situasi Bola Mati

Klopp pun menilai itu wajar, karena gaya melatih Arteta memang dipengaruhi oleh Pelatih Manchester City, Josep Guardiola. Arteta menjadi asisten Guardiola di Man City setelah pensiun sebagai pamain pada akhir musim 2015-2016. Sedikit-banyak Arteta menerapkan permainan yang sama seperti Guardiola.

“Sayangnya, mungkin iya (Arsenal bermain lebih baik sekarang)! Terlihat sangat banyak (perkembangan). Mikel (Arteta) adalah bagian dari generasi pembinaan baru yang sangat menarik ini, atau generasi pelatih baru,” kata Klopp, menyadur dari laman resmi Liverpool, Rabu (15/7/2020).

“(Permainan Arsenal) sangat menarik untuk ditonton. Anda dapat melihat ide-ide di belakang (Arteta) dengan jelas, dipengaruhi oleh Pep (Guardiola), ia bekerja bersamanya (di Man City). Mungkin mereka sudah memiliki ide yang sama sebelumnya, ketika Mikel masih seorang pemain. Ya, Anda bisa melihat pengaruh besar darinya (Guardiola),” tutur juru taktik berpaspor Jerman tersebut.

Selain itu, Klopp juga memuji kualitas skuad Arsenal sekarang. Menurutnya, Arsenal memiliki berbagai tipe pemain ofensif dan itu membuat permainan The Gunners patut diwaspadai. Klopp pun memprediksi Arsenal bisa bersaing lagi di papan atas Liga Inggris dalam waktu dekat.

“Selain itu, jelas di Arsenal [ada] pasukan yang sangat menarik, semua pemain ofensif berbeda. Mereka memiliki pemain ofensif yang lebih berpengalaman dengan kualitas besar, dan kemudian muncul banyak pemain yang benar-benar bagus. Jadi, ya, sepertinya Arsenal akan menjadi penantang yang tepat lagi,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini