CAS Putuskan Nasib Man City di Liga Champions 2020-2021 pada 13 Juli

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 261 2244694 cas-putuskan-nasib-man-city-di-liga-champions-2020-2021-pada-13-juli-l2I9VnYQmc.jpg Man City terancam tidak ikut Liga Champions 2020-2021 (Foto: Man City)

LAUSANNE – Nasib Manchester City terkait keikutsertaan di Liga Champions dalam dua musim ke depan akan ditentukan pada 13 Juli 2020. Pengadilan Arbitrasi untuk Olahraga (CAS) sudah mengonfirmasi bakal mengumumkan hasil banding yang diajukan The Citizens.

Seperti diberitakan, Man City dijatuhi hukuman larangan tampil di Liga Champions selama dua musim dan denda sebesar 30 juta Euro (setara Rp487,9 miliar) oleh Federasi Sepakbola Eropa (UEFA). Klub yang bermarkas di Stadion Etihad itu dinilai melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Dalam putusannya pada Februari 2020, Pengadilan UEFA menyatakan Man City terbukti mengakali aturan FFP terkait pendanaan sejumlah sponsor yang berbasis di Uni Emirat Arab (UEA). Manchester Biru mengklaim hanya menerima dana sponsor senilai 8 juta poundsterling (setara Rp145 miliar) dari sponsor utama, Etihad.

Baca juga: Tak Pikirkan Hasil Undian Perempatfinal, Man City Fokus Hadapi Real Madrid

Man City terancam ditendang dari Liga Champions 2020-2021 (Foto: Twitter/@Carabao_Cup)

Padahal, Man City sebelumnya mengakui menerima dana sebesar 67,5 juta poundsterling (setara Rp1,2 triliun) setiap musim dari kesepakatan sponsor yang terjalin sejak 2015. Sisa dana tersebut diduga berasal dari kantong pribadi sang pemilik, Sheikh Mansour lewat konsorsium Abu Dhabi United Group. Perolehan dana tersebut merupakan bentuk pelanggaran FFP.

Tidak terima dengan hukuman tersebut, Man City mengajukan banding ke CAS. Mereka sudah diizinkan untuk mengajukan keberatan pada 8 Juni 2020. Kini, lembaga yang bermarkas di Lausanne, Swiss, itu bakal mengumumkan keputusan akhir pada Senin 13 Juli 2020 pagi waktu setempat.

“CAS akan mengumumkan keputusan yang diambil dalam prosedur persidangan antara Manchester City dengan UEFA pada Senin 13 Juli 2020. Pernyataan pers akan dirilis pada situs resmi CAS sekira pukul 10.30 (15.30 WIB),” bunyi pernyataan CAS, seperti dikutip dari situs resmi, Sabtu (11/7/2020).

Pihak Man City sepertinya yakin betul hukuman tersebut bakal dibatalkan atau diringankan oleh CAS. Manajer Josep ‘Pep’ Guardiola dengan percaya diri menyebut Kevin de Bruyne dan kawan-kawan akan berlaga di Liga Champions musim depan.

“Saya sangat percaya diri karena sudah melihat argumen yang diajukan oleh klub, bahwa kami akan berada di Liga Champions musim depan,” ujar Pep Guardiola, sebagaimana dikutip dari Goal.

Keikutsertaan di Liga Champions memang penting buat Man City. Pasalnya, tanpa Liga Champions, para pemain bintang mereka hampir pasti hengkang. Belum lagi, City akan kesulitan mendatangkan pemain berlabel bintang plus kemungkinan kehilangan Pep Guardiola.

Jika hukuman dikukuhkan oleh CAS, jatah wakil Liga Inggris tidak akan terpengaruh. Slot yang harusnya diisi Man City, jika finis di peringkat empat besar, akan dialihkan kepada penghuni posisi lima, yang kini diisi oleh rival sekota, Man United.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini