Share

Berkat Mohamed Salah, Kejahatan terhadap Warga Muslim di Inggris Menurun

Ramdani Bur, Okezone · Minggu 17 Mei 2020 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 45 2215362 berkat-mohamed-salah-kejahatan-terhadap-warga-muslim-di-inggris-menurun-qloIPLguRX.jpg Mohamed Salah, dicintai fans Liverpool dan umat muslim di Inggris. (Foto: @MoSalah)

LIVERPOOL – Citra Islam di mata sebagian warga Eropa tidaklah baik. Sejumlah aksi bunuh diri maupun terorisme yang mengatasnamakan Islam merupakan salah satu penyebab agama Islam kerap dipandang buruk warga Eropa.

Karena itu, tak jarang warga muslim di Eropa kerap menjadi korban kejahatan. Oknum warga Eropa kerap melakukan aksi balas dendam kepada umat muslim di sana. Hanya saja menurut penelitian Departemen Sains Politik Universitas Stanford, warga muslim di Eropa, khususnya Inggris bisa hidup lebih tenang dalam beberapa tahun terakhir. Apa penyebabnya?

Infografis Mohamed Salah

Penyebabnya karena perilaku baik dari winger Liverpool, Mohamed Salah. Winger berpaspor Mesir itu selalu memanjatkan doa dengan menengadahkan tangan sebelum pertandingan. Setelah itu setiap kali mencetak gol, Mohamed Salah memilih selebrasi dengan melakukan sujud (bersujud).

Menurut data penelitian yang dilakukan Departemen Sains Politik Universitas Stanford, angka kejahatan yang menimpa warga muslim di Inggris turun 18,9 persen semenjak Salah tampil di Liga Inggris pada 2017.

BACA JUGA: Sisi Religius Mohamed Salah, Rajin ke Masjid hingga Gemar Bersedekah

“Ada dua penjelasan spekulatif kenapa angka kejahatan terhadap orang muslim di Inggis menurun. Pertama karena orang-orang mungkin sudah lebih toleran. Kedua, banyak orang-orang bicara soal Salah. Ia diterima dengan baik di sini dan orang melihat bahwa dari Salah, Islam ternyata tak seburuk yang selama ini mereka kira,” kata peneliti di Universitas Stanford, William Marble.

Follow Berita Okezone di Google News

Bahkan pada Februari 2018, sebuah chant muncul yang ditujukan kepada Salah. Saat itu, ada sejumlah fans Liverpool yang siap menjadi mualaf karena Salah terus menampilkan performa brilian bersama The Reds –julukan Liverpool. Berikut bunyi chant atau nyanyian yang ditujukan kepada Salah:

Mo Salah-lah-lah-lah. Jika dia cukup baik untukmu, dia cukup baik untukku.

Jika dia mencetak beberapa gol lagi, maka aku akan menjadi seorang Muslim juga.

Jika dia cukup baik untukmu, dia cukup baik untukku.

Duduk di Masjid, itulah tempat di mana aku ingin berada.

Momen Mohamed Salah Cetak Gol Pertama dalam Final Liga Champions

Bersama Liverpool, Salah tampil luar biasa. Dia dua musim awal membela Liverpool, Salah keluar sebagai top skor Liga Inggris 2017-2018 dengan koleksi 32 gol, dan 2018-2019 (22). Musim ini, Salah pun berpeluang mengulangi pencapaian serupa. Ketika kompetisi menyisakan sembilan pekan Salah telah mengoleksi 16 gol, alias hanya terpaut tiga bola dari top skor sementara, Jamie Vardy (Leicester City).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini