5 Pemain yang Sanggup Hentikan Lionel Messi

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 51 2214758 5-pemain-yang-sanggup-hentikan-lionel-messi-vGEXAAGGQs.jpg Penggawa Barcelona, Lionel Messi (Foto: Reuters)

TIDAK ada yang membantah kehebatan seorang Lionel Messi di lapangan hijau. Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar selalu menarik untuk disaksikan. Megabintang Argentina itu seakan memiliki kekuatan magis yang membuatnya kerap jadi pembeda pada suatu pertandingan.

Tidak heran kalau Messi seakan menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar bek lawan. Bahkan terkadang dibutuhkan lebih dari satu orang untuk menghentikan pergerakan La Pulga di lapangan. Akan tetapi, keadaan sebaliknya juga tidak jarang terjadi, di mana Messi mendapatkan penjagaan ketat hingga tak mampu berbuat banyak di area pertahanan lawan.

Melansir dari laman Sportskeeda, Jumat (15/5/2020), berikut lima pemain yang berhasil menjegal aksi Messi di lapangan hijau

5. Bastian Schweinsteiger - Argentina 0-4 Jerman, Piala Dunia 2010


Lionel Messi mendapat pukulan telak saat membela Timnas Argentina di Piala Dunia 2010. Bintang Barcelona itu gagal membawa negaranya melangkah ke babak berikutnya usai kalah telak 0-4 dari Timnas Jerman di babak perempatfinal.

Adalah sosok Bastian Schweinsteiger yang berhasil membatasi gerak Messi di lapangan. Eks gelandang Bayern Munich itu juga menjadi sosok penting keberhasilan Der Panzer untuk terus membangun serangan ke lini pertahanan Argentina, kondisi tersebut membuat Messi sangat jarang mendapat suplai bola dari rekan-rekannya.

4. Jose Bosingwa - Barcelona 0-0 Chelsea, UEFA Champions League 2009


Jose Bosingwa mungkin bukan salah satu bek paling terkenal di dunia dalam sejarah Chelsea, tapi ia bermain sangat baik di laga tersebut. Trio lini depan Barcelona, ierry Henry, Samuel Eto'o dan Lionel Messi tidak mampu berbicara banyak.

Dia berhasil melakukan pekerjaan itu dengan cukup baik. Messi hanya memiliki beberapa peluang untuk menembak. Bosingwa berhasil mengimbangi kecepatan Messi hingga Barcelona harus rela bermain imbang tanpa gol di Estadio Camp Nou.

3. Adrien Rabiot - PSG 4-0 Barcelona, UEFA Champions League 2017


Beralih ke Liga Champions musim 2016-2017, Paris Saint-Germain berhasil tampil mengejutkan saat menang telak 4-0 atas Barcelona di leg pertama babak 16 besar. Neymar Jr, Luis Suarez, dan Lionel Messi benar-benar tidak berkutik di kandang Les Parisiens.

Adrien Rabiot dinilai menjadi pemain kunci dalam keberhasilan PSG di laga tersebut. Gelandang asal Prancis itu berhasil mengawal pergerakan Messi hingga sang pemain sulit untuk mendapat suplai bola dari rekan-rekannya. Meski begitu, Barcelona tetap berhasil lolos ke babak berikutnya usai membalikkan keadaan di leg kedua.

2. Diego Godin - Atletico Madrid 2-0 Barcelona, UEFA Champions League 2016


Diego Godin mungkin menjadi salah satu pemain bertahan yang tidak disukai kebanyakan striker, tidak terkecuali Lionel Messi. Godin yang saat ini berseragam Inter Milan pernah menghadapi Messi beberapa kali di masa lalu, tetapi penampilannya di Liga Champions UEFA 2016 adalah salah satu yang terbaik yang pernah ada.

Godin memimpin rekan-rekan satu timnya untuk memastikan bahwa Messi tidak berhasil melakukan tembakan tepat sasaran. Satu hal yang paling mencolok adalah ketika statistik memperlihatkan kalau Messi sama sekali tidak memiliki satu sentuhan pun pada bola di kotak penalti Atletico.

1. Esteban Cambiasso / Javier Zanetti - Barcelona 1-0 Inter Milan, Liga Champions UEFA 2010


Salah satu momen paling ikonik dalam sejarah Liga Champions adalah perayaan besar Jose Mourinho ketika membawa Inter Milan mengalahkan Barcelona di semi final pada 2009-2010 lalu. Banyak yang menganggap strategi pelatih Portugal jauh dari kata menarik untuk disaksikan.

Akan tetapi terlepas dari semuanya, penampilan Inter kala itu bisa dibilang salah satu tampilan defensif terbaik di era sepakbola modern. Duet Esteban Cambiasso dan Javier Zanetti benar-benar berhasil membuat sosok Lionel Messi tak mampu berbuat banyak.

Messi memang memiliki peluang untuk mencetak gol, tetapi bahkan dengan sepuluh pemain, ia tampaknya berjuang untuk menemukan jalan keluar. Bintang asal Argentina itu gagal memberikan kesan di laga tersebut.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini