5 Aksi Sportif Terbesar dalam Sejarah Sepakbola

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 51 2213384 5-aksi-sportif-terbesar-dalam-sejarah-sepakbola-4lJFMEcycL.jpg Oliver Kahn (Foto: Reuters)

ADA banyak faktor yang membuat olahraga sepakbola menarik untuk disaksikan. Selain aksi para pemain dilapangan, peristiwa kontroversi kadang menjadi bumbu yang bisa membuat pertandingan semakin menarik untuk dilihat.

Akan tetapi, terlepas dari banyaknya tindakan kontroversi yang terjadi, para pemain juga dituntut untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas pada sebuah pertandingan. Melansir dari laman Sportskeeda, Rabu (13/5/2020), berikut lima aksi sportif dalam sejarah sepakbola;.

5. Oliver Kahn - Final Liga Champions 2001


Sebelum kita beralih ke aspek sportifitas yang lebih jauh, kita mulai dengan contoh final Liga Champions 2001. Oliver Kahn baru saja menjadi pahlawan bagi timnya, Bayern Munich, setelah menguasai adu penalti yang menegangkan untuk membawa timnya meraih gelar.

Namun, alih-alih merayakan dengan rekan-rekan setimnya, kiper andalan Bayern itu bergegas untuk menghampiri pemain tim lawan. Ia pun diganjar penghargaan FIFA Fair Play atas aksinya tersebut.

4. Ajax Amsterdam vs Cambuur 2005-2006


Tensi pertandingan yang tinggi mengakibatkan banyaknya pelanggaran yang terjadi pada pertandingan tersebut. Pada satu momen, wasit harus memberhentikan pertandingan setelah melihat pemain Cambuur yang mengalami cedera di lapangan.

Pihak Ajax yang tengah menguasai bola kala itu diminta untuk memberikan tindakan fair play dengan menendang bola ke arah kiper lawan. Namun, kala itu Jan Vertonghen terlalu keras menendang bola sehingga justru masuk ke dalam gawang.

Tak ingin pertandingan mereka cedera akibat tindakan yang kurang sportif, Ajax kemudian membiarkan pemain Cambuur mencetak gol untuk menyamakan kedudukan.

3. Robbie Fowler – 1997


Liverpool nyaris diuntungkan wasit saat bertamu ke markas Arsenal kala itu. Pengadil pertandingan memberikan hadiah penalti setelah menganggap Robbie Fowler dilanggar di kotak terlarang oleh salah satu pemain bertahan The Gunners.

Akan tetapi, penyerang asal Inggris itu kemudian memprotes keputusan wasit dan mengatakan kalau ia terjatuh bukan karena mendapat kontak fisik dari pemain Arsenal. Atas tindakannya itu, Fowler pun mendapat penghargaan dari FIFA kala itu.

2. Arsene Wenger (Arsenal) – 1999


Arsene Wenger adalah salah satu manajer terhebat yang pernah ada dalam permainan bahasa Inggris. Di bawahnya, Arsenal mencapai tanda 'Invincibles' yang sulit dipahami dan memenangkan semua kemenangan besar yang ditawarkan sepakbola Inggris.

Tidak hanya piawai dalam meracik tim, Wenger juga dikenal sebagai pelatih dengan karakter protagonis di lapangan. Satu waktu, pelatih asal Prancis itu pernah dengan lantang menolak keputusan wasit di laga kontra Shefield United.

1. Paolo Di Canio, 2000


Paolo Di Canio adalah salah satu karakter paling misterius yang pernah ada dalam sejarah sepakbola. Permainannya yang lincah membawa striker asal Italia itu dikenal dengan gol-gol spektakuler yang ia ciptakan.

Di Canio pernah menerima FIFA Fair Play Award akibat tindakannya di lapangan. Pada pertandingan melawan Everton, Di Canio yang bermain untuk West Ham membuat publik Goodison Park tertegun. Penyerang asal Italia itu hanya perlu menceploskan bola ke dalam gawang setelah kiper Everton terjatuh usai melakukan duel udara.

Namun, Dia Canio memutuskan untuk membuang bola lantaran mengetahui kiper lawan mengalami cedera saat mendarat di tanah. Tindakannya itu pun membuat sang pemain mendapat penghargaan Fair Play dari FIFA.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini