De Jong Dianggap Tepat Gabung Barcelona, De Ligt Salah Jalan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 03:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 51 2213145 de-jong-dianggap-tepat-gabung-barcelona-de-ligt-salah-jalan-v8GwpAc92D.jpg Matthijs de Ligt (Foto: Twitter Sporf)

AMSTERDAM – Pada bursa transfer musim panas 2019, Ajax Amsterdam harus melepas dua pemain andalannya. Frenkie de Jong bergabung dengan Barcelona, sedangan Matthijs de Ligt menuju Juventus. Akan tetapi, di antara kedua pemain tersebut, kondisi De Jong dianggap lebih baik untuk saat ini.

Legenda sepakbola Belanda, Ronald de Boer, menilai De Jong mampu beradaptasi dengan cukup baik di Barca. Meski performa De Jong belum bisa dibilang sebagus seperti saat membela Ajax, namun gelandang 23 tahun itu telah memenangkan kepercayaan pelatih dengan tampil di banyak pertandingan.

Baca juga: Cannavaro Lebih Suka Nonton Iniesta ketimbang Messi

Frenkie de Jong

Di sisi lain, De Ligt justru terlihat kesulitan untuk beradaptasi dengan gaya sepakbola Italia. Dalam beberapa laga, De Ligt bahkan tampil buruk dan kerap melakukan blunder. Selain itu, mantan kapten Ajax tersebut juga cukup sering ditempatkan sebagai pemain cadangan.

"Saya pikir De Jong telah beradaptasi dengan baik dengan Barca, lihat De Ligt di Juventus. Bisa bermain sangat banyak untuk pemain muda di tahun pertamanya (bersama Barca) adalah sesuatu yang luar biasa,” ujar De Boer, menyadur dari Goal, Rabu (13/5/2020).

“Sementara itu, dia (De Ligt) memiliki lebih banyak masalah di Juventus. Saya berharap De Ligt akan beradaptasi lebih mudah dan bisa menjadi starter segera. Akan tetapi, yang terjadi justru sebaliknya. Itu sebabnya saya pikir De Jong tampil lebih baik di musim pertamanya di Barcelona,” jelas De Boer.

De Ligt sendiri sejatinya diisukan bakal segera angkat kaki dari Juve karena performanya tak sesuai ekspektasi. Akan tetapi, bek 20 tahun tersebut tak mau menyerah begitu saja. Ia percaya seiring berjalannya waktu penampilannya akan membaik dan bisa menjadi bagian penting dari skuad La Vecchia Signora.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini