nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Usulan yang Diajukan Klub Setelah Liga 1 2020 Ditunda Imbas Virus Corona

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 13:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 24 49 2188180 4-usulan-yang-diajukan-klub-setelah-liga-1-2020-ditunda-imbas-virus-corona-xcegCAJcR3.jpg Arema FC harus menahan rasa ingin tampil di Liga 1 2020 imbas virus corona. (Foto: @AremaFcOfficial)

MALANG – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan menunda kompetisi Liga 1 dan 2 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan itu diambil setelah virus corona semakin mewabah di Indonesia.

Karena itu pada Minggu 22 Maret 2020, Direktur Madura United, Haruna Soemitro membentuk rapat virtual. Rapat virtual tersebut diikuti seluruh petinggi-petinggi klub Liga 1 2020.

Arema FC

(Wander Luiz (kiri) saat berduel dengan Bagas Adi. Foto: Persib.co.id)

Lantas, apa hasil dari rapat virtual tersebut? Setidaknya ada empat usulan yang diajukan klub-klub Liga 1 2020 setelah kompetisi dihentikan imbas mewabahnya virus corona:

Berikut 4 usulan klub, mengutip dari wearemania:

1. Bagi klub yang sudah menandatangani kontrak bisnis dengan para pihak untuk memastikan bahwa status gaji pemain, pelatih, dan ofisial tim dapat dibayar maksimal 25% sejak bulan Maret lalu, hingga kick-off pembukaan kembali kompetisi pasca pengumuman dari Pemerintah bahwa Indonesia telah terbebas dari COVID-19.

2. Apabila Pemerintah menyatakan lockdown total, bencana nasional, maka secara otomatis semua kontrak bisnis dengan para pihak batal demi hukum sehingga klub dibebaskan dari kewajiban yang tertera dalam kontrak, termasuk dengan pemain, pelatih dan ofisial tim serta sponsor.

3. Terhadap subsidi kepada klub seperti yang sudah ditetapkan sebelumnya, PT LIB diminta agar tetap membayarkan hak tersebut untuk bagian bulan Maret 2020.

BACA JUGA: Arema FC Terima Keputusan Penundaan Liga 1 2020

4. PSSI melalui komite legal melakukan langkah-langkah konkret dengan menginisiasi keputusan yang dapat melindungi para pihak, khususnya klub, dari tuntutan atau gugatan para pihak yang dapat merugikan khususnya bagi klub peserta kompetisi di Indonesia.

Sekarang harapannya, wabah virus corona bisa segera berakhir, baik itu di Indonesia maupun negara lain. Sebab, virus yang biasa disebut Covid-19 tersebut telah merugikan banyak pihak, bahkan hingga menyebabkan meninggal dunia.

Hingga hari ini, Selasa (24/3/2020), tercatat ada 381.653 kasus virus corona. Dari jumlah tersebut, menyebabkan 16.558 meninggal dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini