nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pantau Garuda Select, Shin Tae-yong Terbang ke Italia

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 13:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 10 51 2151435 pantau-garuda-select-shin-tae-yong-terbang-ke-italia-qrR2ApPakO.jpg Garuda Select berada di Italia saat ini. (Foto: Dokumentasi Garuda Select)

JAKARTA – Asisten pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Nova Arianto, mengatakan pelatih Shin Tae-yong mungkin terbang ke Italia untuk memantau tim Garuda Select yang sedang menjalani pemusatan latihan di Como, Italia. Hal itu dilakukan Tae-yong agar pelatih asal Korea Selatan itu benar-benar tahu siapa saja pemain bertalenta Tanah Air di kisaran 17-19 tahun.

Pada Kamis 9 Januari 2020, Tae-yong tiba di Tanah Air. Tidak lama setelah tiba di Indonesia, Tae-yong langsung menyusun daftar staf kepelatihannya di Timnas senior Indonesia, U-23. U-19 dan U-16. Selain itu, pelatih 50 tahun itu juga memanggil 52 pemain untuk menjalani seleksi Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang mulai 13 hingga 18 Januari 2020.

Nova Arianto

(Nova Arianto dan Indra Sjafri masuk staf kepelatihan Shin Tae-yong)

Nantinya dari 52 pemain itu, akan dikerucutkan menjadi 30 nama saja. Setelah itu, 30 pemain tersebut akan dibawa Timnas Indonesia U-19 yang menjalani pemusatan latihan di Thailand dari 20 Januari hingga 2 Februari 2020. Sekarang yang jadi pertanyaan, empat pemain andalan Garuda Select seperti David Maulana, Brylian Aldama, Fajar Fathur dan Amiruddin Bagus Kahfi apakah akan ikut ke Thailand?

BACA JUGA: Daftar Pelatih Lokal yang Jadi Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Keempat nama di atas merupakan pemain andalan Timnas Indonesia U-19 di sepanjang 2019, sekaligus sosok yang mengantarkan skuad Garuda Nusantara ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Karena itu, Tae-yong tidak mau melewatkan skill nama-nama di atas, sehingga berencana terbang ke Italia dalam waktu dekat.

“Semua proses seleksi akan dalam pantuan manajer pelatih timnas Shin Tae-Yong. Nantinya, dari 52 nama akan mengerucut ke 30 pemain,” kata Nova mengutip dari Goal, Jumat (10/1/2200).

Amiruddin Bagus Kahfi

(Bagus Kahfi salah satu pemain Garuda Select yang akan dipantau Tae-yong)

“Garuda Select belum bisa kembali ke Indonesia. Jadi mungkin pelatih Shin yang akan terbang ke Italia untuk melakukan pemantauan,” lanjut anak dari eks pelatih Sartono Anwar tersebut.

PSSI sendiri membebankan Tae-yong untuk mengantarkan Timnas Indonesia U-19 meraih prestasi tertinggi. Sebab tahun ini saja, Timnas Indonesia U-19 akan turun di Piala AFF dan Piala Asia U-19 2020. Kemudian pada tahun depan, mereka akan mentas di Piala Dunia U-20 yang digelar di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini