nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Valencia Keluhkan Pembagian Hadiah Uang Piala Super Spanyol

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 09:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 09 46 2150923 valencia-keluhkan-pembagian-hadiah-uang-piala-super-spanyol-yQGY0TW0sD.jpg Format baru Piala Super Spanyol dikeluhkan Barcelona dan Valencia (Foto: BBC)

KONTROVERSI menyelimuti penyelenggaran Piala Super Spanyol 2019 di Arab Saudi pada 9-12 Januari 2020. Betapa tidak, format baru kompetisi tersebut dikeluhkan oleh dua klub peserta, yakni Barcelona dan Valencia.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, menganggap format lama Piala Super Spanyol lebih pas. Inisiatif Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dengan memasukkan dua tim tambahan dinilai lebih bermotif bisnis dan mengincar pemasukan tambahan.

Skuad Barcelona berlatih di Arab Saudi (Foto: Barcelona)

Baca juga: Valverde Yakin Format Baru Piala Super Spanyol Bermotif Bisnis

“Sepakbola kini sudah berubah menjadi bisnis dan mencari keuntungan. Atas alasan itu lah kita semua berada di sini. Format kali ini sungguh berbeda dibandingkan biasanya di mana selalu menjadi pembuka musim dan buat saya format itu sudah bagus,” ucap Ernesto Valverde dalam konferensi pers di Jeddah, Arab Saudi, mengutip dari BBC, Kamis (9/1/2020).

Celakanya, keuntungan yang diucapkan Ernesto Valverde pun tidak dibagi sama rata kepada empat klub peserta. Sebagai kesebelasan bernama besar serta daya tarik utama, Barcelona dan Real Madrid pun mendapat pembagian uang lebih besar dibandingkan kedua tim lain, yaitu Valencia dan Atletico Madrid.

Valencia mendapat bagian terkecil dari hadiah uang (Foto: Reuters)

Barcelona dan Real Madrid masing-masing akan menerima hadiah uang senilai 6 juta Euro (setara Rp92,4 miliar), sedangkan Atletico bakal diguyur 3 juta Euro (setara Rp46,2 miliar). Valencia sendiri hanya akan membawa pulang uang senilai 2 juta Euro (setara Rp30,8 miliar) atau mendapat bagian terkecil terlepas dari prestasi mereka di turnamen itu.

Pembagian hadiah yang tidak merata itu sudah disampaikan Valencia berikut protes mengenai format baru dalam pernyataan resmi klub pada 26 April 2019. Padahal, Los Che berhak mengikuti Piala Super Spanyol karena menyandang status sebagai kampiun Copa Del Rey 2018-2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini