nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yanto Basna Kerap Buat Blunder, Terus Dipercaya Timnas Indonesia?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 13:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 20 51 2132196 yanto-basna-kerap-buat-blunder-terus-dipercaya-timnas-indonesia-iCJm2LN0zX.jpg Yanto Basna (kanan) kerap buat blunder. (Foto: PSSI)

KUALA LUMPUR – Yanto Basna menjadi bulan-bulanan netizen setelah dinilai menjadi penyebab kekalahan 0-2 Tim Nasional (Timnas) Indonesia dari Malaysia semalam. Pemain milik klub Sukhothai itu berandil atas dua gol yang masuk ke gawang Indonesia.

Ketika pertandingan memasuki menit 30, Yanto Basna menjatuhkan salah satu pemain Malaysia tepat di depan kotak penalti Indonesia. Alhasil, Malaysia mendapatkan hadiah tendangan bebas dan berhasil dieksekusi dengan baik oleh Safawi Rasid untuk menjadi gol.

Safawi Rasid

Kemudian di menit 73, Yanto Basna melakukan blunder saat berduel satu lawan satu dengan Safawi. Bermaksud membiarkan bola meninggalkan lapangan, Yanto Basna lengah sehingga si kulit bulat berhasil direbut Safawi. Tanpa pikir panjang, Safawi yang bermain untuk klub Johor Darul Ta’zim itu lantas melepaskan sepakan yang tak dapat ditahan kiper Indonesia, Muhammad Ridho.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Jalani Babak Playoff untuk Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia?

Dua blunder di atas bukanlah yang pertama dibuat Yanto Basna bersama Timnas Indonesia. Sebelumnya saat Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam di matchday keempat, eks bek Mitra Kukar itu membuat kesalahan atas dua gol pertama Vietnam yang dicetak Do Duy Manh dan Que Ngoc Hai.

Sebelumnya saat turun di Piala AFF 2016, Yanto Basna juga membuat sejumlah blunder seperti salah memberikan umpan di daerah pertahanan sendiri saat tumbang 2-4 dari Thailand. Hal yang sama juga kerap dilakukannya saat Indonesia bermain 2-2 kontra Filipina, dan menang dramatis 2-1 atas Singapura.

Timnas Malaysia

Akibatnya di fase gugur Piala AFF 2016, posisi Yanto Basna digantikan Hansamu Yama Pranata. Karena itu, masih layakkah Yanto Basna membela Timnas Indonesia?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini