nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Guardiola Sanjung Kualitas Klopp sebagai Pelatih

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 04:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 09 45 2127669 guardiola-sanjung-kualitas-klopp-sebagai-pelatih-U1PQ0L0xje.jpg Jurgen Klopp dan Josep Guardiola (Foto: AFP)

MANCHESTER – Laga akbar bakal tersaji akhir pekan ini antara Liverpool melawan Manchester City dalam matchday ke-12 Liga Inggris 2019-2020. Jelang pertandingan tersebut, Manajer Man City, Josep Guardiola, memberikan sanjungannya kepada juru taktik Liverpool, Jurgen Klopp.

Guardiola pasalnya memandang Klopp adalah sosok pelatih yang luar biasa. Sebab, Klopp dinilai mampu mengubah tim yang awalnya biasa-biasa saja menjadi pesaing kuat dalam perebutan gelar juara. Hal itu bahkan telah ditunjukkan Klopp saat menangani Borussia Dortmund.

Baca juga: Liverpool vs Man City, Klopp: Laga Spesial Akan Tersaji di Anfield

Robert Lewandowski dan Jurgen Klopp saat di Dortmund

Klopp didapuk sebagai pelatih Dortmund pada 2008. Meski membutuhkan waktu yang agak lama, namun Klopp pada akhirnya berhasil membawa Dortmund menjuarai Liga Jerman, yakni di musim 2010-2011. Itu merupakan gelar juara Liga Jerman pertama Dortmund setelah terakhir kali mereka memperolehnya pada musim 2001-2002.

Guardiola memandang bahwa Klopp melakukan hal yang serupa di Liverpool. Sebagaimana diketahui, Liverpool telah puasa gelar Liga Inggris selama 29 tahun. Dan dalam kurun waktu tersebut The Reds tak pernah benar-benar dipandang sebagai pesaing kuat dalam perburuan gelar juara. Barulah setelah ditangani Klopp Liverpool tampil sebagai kandidat terkuat.

“Untuk melihat timnya, Anda menyadari bahwa dia melakukannya di Dortmund dan dia melakukannya di sini (Liverpool). Jadi mudah untuk menganalisis seberapa besar dampaknya ketika dia mengambil alih tim yang (awalnya) bukan pesaing nyata,” sanjung Guardiola, mengutip dari Evening Standard, Sabtu (9/11/2019).

Jurgen Klopp bersama pemain Liverpool

"Mereka punya sejarah, tapi bukan pesaing nyata, untuk memenangkan Liga Inggris atau menjadi yang teratas, dan dia berhasil melakukannya. Dalam tiga atau empat tahun dia membangun sesuatu yang luar biasa untuk ditonton," lanjut Guardiola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini