nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Gelandang Top yang Pernah Menangi Trofi Ballon dOr

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 19:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 06 51 2126575 5-gelandang-top-yang-pernah-menangi-trofi-ballon-dor-Edxk82PAr0.jpg Ronaldinho (Foto: AFP)

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa Ballon d’Or merupakan penghargaan individu paling prestisius bagi pesepakbola. Pertama kali ajang penghargaan ini diadakan adalah pada 1956 dan sejak itu beberapa pemain terbesar dalam sejarah memiliki hak istimewa untuk memenangkan Ballon d'Or, setidaknya sekali dalam karier mereka.

Selain penyerang, trofi Ballon d’Or juga sering jatuh ke tangan pemain yang berposisi sebagai gelandang. Maklum saja, pasalnya gelandang memiliki peranan penting dalam permainan sepakbola. Selain menjembatani antara pertahanan dengan lini serang, gelandang juga punya tugas melakukan kreasi permainan.

Berikut ini adalah lima gelandang terbaik yang pernah memenangkan trofi Ballon d’Or, menyadur dari Sportskeeda, Rabu (6/11/2019).

5. Lothar Matthaus (1990)

Lothar Matthaus

Lothar Matthaus merupakan seorang legenda besar sepakbola Jerman. Bagaimana tidak, pasalnya ia berhasil mengantarkan Der Panzer menjuarai Piala Eropa 1980 dan Piala Dunia 1990. Hal itulah yang kemudian membuat Matthaus dinobatkan sebagai peraih trofi Ballon d’Or 1990.

Tidak hanya di level tim nasional, bersama klubnya Matthaus juga menorehkan berbagai prestasi luar biasa. Kala membela Bayern Munich, Matthaus berhasil menjuarai Liga Jerman sebanyak tujuh lagi, Piala Jerman dan Piala Super Jerman masing-masing sebanyak tiga kali, dan satu kali juara Liga Eropa. Sedangkan saat membela Inter Milan, Matthaus sukses menjuarai Liga Italia, Piala Super Italia, dan Piala Eropa.

4. Ronaldinho (2005)

Ronaldinho

Ronaldinho merupakan pemain yang ditolak bergabung dengan Real Madrid karena dinilai tidak memiliki paras yang tampan. Akan tetapi, bersama Barcelona, Ronaldinho justru menjelma menjadi salah satu pesepakbola terbaik yang pernah ada dalam sejarah dan pada akhirnya membuat Madrid menyesal.

Selama berseragam Barca, Ronaldinho berhasil membantu Blaugrana menjuarai Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, dan Liga Champions. Tak salah apabila gelandang berpaspor Brasisl itu dinobatkan sebagai peraih trofi Ballon d’Or 2005. Di tahun yang sama, Ronaldinho juga terpilih sebagai Pemain Terbaik FIFA.

3. Zinedine Zidane (1998)

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane sering dianggap sebagai gelandang terbaik di generasinya, dan merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah ada dalam sejarah. Pada 1998 Zidane diganjar trofi Ballon d’Or usai ia tampil sebagai protagonis kala membantu Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia.

Prestasi Zidane di tahun tersebut tidak hanya itu, karena pada saat yang sama ia juga mengantarkan Juventus menjuarai Liga Italia, Piala Super Italia, dan menjadi runner-up Liga Champions. Kondisi tersebut tentunya membuat Zidane menjadi kandidat terkuat peraih trofi Ballon d’Or 1998.

2. Michel Platini (1983, 1984, 1985)

Michel Platini

Sebelum Zinedine Zidane mencatatkan performa gemilang di Juventus dan Timnas Prancis, rekan senegaranya, Michel Platini, sejatinya sudah membuat sejarah lebih dulu. Bersama Juve, Platini berhasil menjelma menjadi gelandang terbaik di generasinya. Hal itu dibuktikan dengan dipilihnya Platini sebagai pemenang trofi Ballon d’Or selama tiga musim beruntun, yakni 1983, 1984, dan 1985.

Tentunya bukan tanpa alasan Platini diganjar penghargaan prestisius tersebut sampai tiga kali. Pasalnya, dalam kurun waktu tersebut, Platini berhasil membawa Juve menjuarai Liga Italia, Liga Champions, Copa Italia, Piala Super Eropa, hingga Piala Interkontinental. Selain itu, Platini juga mencatatkan prestasi gemilang bersama Timnas Prancis dengan menjuarai Piala Eropa 1984.

1. Johan Cruyff (1971, 1973, 1974)

Johan Cruyff

Sebagai pesepakbola, Johan Cruyff bisa dibilang merupakan monster yang tak tertandingi. Pasalnya, sebagai seorang gelandang, Cruyff mampu menggabungkan kemampuan penempatan posisi yang sempurna dengan teknik mendribel, kapasitas mencetak gol, dan umpan cemerlang.

Performa dan kemampuan luar biasa yang dimiliki Cruyff itu pada akhirnya membantu tim yang dibelanya memenangkan banyak trofi. Bersama Ajax Amsterdam, Cruyff berhasil menjuarai Liga Champions, Liga Belanda, hingga Piala Super Eropa. Sedangkan bersama Barcelona, trofi Liga Spanyol dan Copa del Rey berhasil ia menangkan. Tak ayal hal itu membuat Cruyff diganjar tiga trofi Ballon d’Or.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini