nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chelsea adalah Rumah Tammy Abraham

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 08:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 18 51 2118791 chelsea-adalah-rumah-tammy-abraham-G1JXMGcwa1.jpg Tammy Abraham (Foto: Twitter Chelsea)

TAMMY Abraham merupakan salah satu bakat muda yang dimiliki Chelsea saat ini. Pemain berusia 22 tahun itu menjelma menjadi sosok andalan ketika The Blues –julukan Chelsea– mendapat larangan transfer pada musim panas 2019. Akan tetapi, bukan langkah mudah bagi Abraham untuk bisa mencapai posisinya saat ini.

Abraham bergabung dengan Chelsea sejak 2004, saat ia masih berusia tujuh tahun. Ia bergabung dengan Chelsea U-8 dan memaksimalkan potensi diri melalui sistem akademi klub. Ia juga menjadi bagian dari tim junior Chelsea yang meraih kemenangan beruntun di UEFA Youth League dan FA Youth Cup pada 2015 dan 2016.

Sejak saat itu bakatnya sudah mulai dilirik banyak pihak. Tercatat selama musim 2014-2015 dan 2015-2016, Abraham mencetak 74 gol dalam 98 pertandingan di semua kompetisi bersama tim muda Chelsea. Bahkan pada akhir musim 2015-2016, ia mendapat undangan dari pelatih sementara Chelsea yakni Guus Hiddink untuk berlatih bersama tim senior.

Tammy Abraham

Pemain kelahiran 2 Oktober 1997 tersebut kemudian memulai debutnya bersama Chelsea saat meraih hasil imbang 1-1 melawan Liverpool pada 11 Mei 2016. Ia akhirnya memulai debut di Stamford Bridge pada minggu berikutnya melawan sang juara Liga Inggris musim itu yakni Leicester City. Pada dua kesempatan tersebut, ia tampil sebagai pemain pengganti untuk menggantikan posisi Bertrand Traore.

Meski sukses melakoni debut di tim senior, pada 5 Agustus 2016, Abraham kemudian dipinjamkan selama satu musim ke klub Divisi Championship, Bristol City. Pada laga debutnya, Abraham belum mencetak gol. Akan tetapi, pada laga keduanya ia sukses mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 melawan Wycombe Wanderers untuk lolos ke babak kedua Piala Liga Inggris.

Kiprah Abraham semakin moncer setelah pekan berikutnya ia mencetak brace (dua gol) perdananya dalam karier profesional. Gol itu ia cetak saat mengantarkan Bristol meraih kemenangan atas Burton Albion. Pada akhir musim 2016-2017, performa Abraham semakin menjadi-jadi. Ia menutup musim dengan 23 gol, dan menempati posisi kedua untuk pencetak gol terbanyak setelah Chris Wood dari Leeds United.

Setelah menyelesaikan masa peminjaman di Bristol, Chelsea mengumumkan Abraham telah menandatangani kontrak baru selama lima tahun di Stamford Bridge. Tetapi hal itu masih belum bisa menjamin Abraham akan tampil bersama Chelsea. Sebab, ia kembali dipinjamkan ke Swansea City dengan status pinjaman selama satu musim.

Tammy Abraham

Ia melakukan debut di Swansea City pada 12 Agustus yang dimulai dengan hasil imbang 0-0 melawan Southampton. Meski belum moncer, tetapi 10 hari kemudian, Abraham berhasil mencetak gol pertamanya dalam kemenangan 4-1 atas Milton Keynes Dons di Piala Liga Inggris. Gol perdana Abraham di Liga Inggris baru terjadi saat Swansea melawan Crystal Palace. Ia menyumbangkan satu gol dalam kemenangan 2-0.

Meski begitu, Abraham tidak selalu meraih kesuksesan. Ia pernah bermain selama 825 menit tetapi tanpa gol. Tetapi, dahaga gol itu dipecahkan kala ia membantu timnya meraih kemenangan atas Notts County di babak keempat Piala FA dengan skor telak 8-1. Pada laga tersebut, ia sukses mencetak dua gol dan dua assist.

Setelah akhir musim, Abraham tidak mampu menyelamatkan Swansea dari lubang degradasi. Mereka terdegradasi secara tragis setelah menelan kekalahan dari Stoke City pada matchday terakhir. Secara keseluruhan musim 2017-2018, Abraham mencetak delapan gol dalam 39 pertandingan di semua kompetisi.

Menyelesaikan peminjaman dari Swansea, pelatih Chelsea yang baru saat itu yakni Maurizio Sarri memiliki rencana untuk menjaga Abraham di Stamford Bridge. Tetapi, pada 31 Agustus 2018, ia ternyata harus mengalami peminjaman kembali selama satu musim ke Aston Villa yang mentas di ajang Divisi Championship.

Salah satu pencapaian apik Abraham bersama Aston Villa di awal musim adalah dinobatkan sebagai Player of the Month pada November. Pada bulan tersebut, ia sukses mencetak enam gol dalam empat penampilan. Lalu hingga pertengahan musim, Abraham telah mencetak 16 gol dalam 20 penampilan.

Performa apik membuat banyak spekulasi yang memungkinkan Abraham kembali dipanggil Chelsea, mengingat di saat yang bersamaan The Blues kekurangan penyerang tajam Namun, hal itu tidak terjadi dan Abraham tetap berada di Aston Villa hingga akhir musim. Selama berkarier di Aston Villa, ia membawa tim tersebut promosi ke Liga Inggris musim ini dan mencetak 26 gol dalam 40 penampilan.

Infografis Tammy Abraham

Setelah masa peminjaman selesai, Abraham akhirnya benar-benar memperkuat Chelsea. Ia membuat penampilan perdananya musim ini sebagai pemain pengganti pada Piala Super Eropa melawan Liverpool. Akan tetapi, pada laga perdananya tersebut ia menuai banyak kontroversi akibat gagal dalam drama adu penalti, tetapi pada akhirnya Abraham mampu membuktikan diri.

Abraham mencetak gol perdana bersama Chelsea ketika ia mencetak dua gol dalam kemenangan tandang 3-2 atas Norwich City. Ia juga mencetak hattrick pertamanya di Chelsea untuk kemenangan 5-2 atas Wolverhampton Wanderers. Hingga kini Abraham terus menunjukkan performa apiknya hingga menjadi salah satu daya gedor andalan Chelsea pada saat ini. Terbukti saat ini Abraham berstatus sebagai top skor Liga Inggris dengan koleksi delapan gol.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini