nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Timnas Indonesia Ditekuk Vietnam 1-3

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 20:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 15 51 2117357 timnas-indonesia-ditekuk-vietnam-1-3-fA3Nnbbck6.jpg Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

GIANYAR – Tim Nasional (Timnas) Indonesia tumbang dengan skor 1-3 kala menjamu Vietnam dalam matchday keempat babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Indonesia sebenarnya cukup bisa mengimbangi Vietnam di babak pertama. Sayangnya, pada babak kedua Evan Dimas dan kolega justru melakukan banyak kesalahan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Indonesia langsung mengambil inisiatif menyerang begitu laga baru dimulai. Akan tetapi, bukan hal yang mudah bagi skuad asuhan Simon McMenemy tersebut untuk menembus pertahanan Vietnam. Para pemain Indonesia dituntut lebih kreatif untuk bisa memperoleh peluang.

Di sisi lain, Vietnam juga menampilkan permainan terbuka. Pada menit ke-18 mereka berhasil mengancam gawang Indonesia lewat sepakan dari luar kotak penalti. Meski bola mengarah ke gawang, namun Muhammad Ridho masih bisa membendungnya.

Pada menit ke-26, Vietnam berhasil merobek gawang Indonesia. Berawal dari sepak pojok, kemelut kemudian terjadi di muka gawang Indonesia. Hal itu lekas dimanfaatkan oleh Do Duy Manh untuk mencetak gol usai Yanto Basna gagal membuang bola yang jatuh di kakinya. Vietnam memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol membuat pemain Indonesia tersengat dan melakukan usaha lebih keras. Di menit ke-41, Indonesia memperoleh kesempatan melalui sepakan penjuru Evan Dimas. Sayangnya, bola sundulan Yanto Basna masih bisa ditangkap Dang Van Lam. Pada akhirnya, babak pertama usai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Vietnam.

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, Indonesia langsung tampil menyerang. Tim Garuda sempat mengancam gawang Vietnam di menit ke-48 kala Evan Dimas melepaskan tendangan bebas dan disambut sundulan Otavio Dutra. Akan tetapi, bola masih melenceng dan Dutra pun sudah berada dalam posisi off-side.

Alih-alih berusaha mencetak gol penyeimbang, Indonesia justru semakin jauh tertinggal. Pasalnya, pada menit ke-54 Vietnam mendapat hadiah penalti usai Yanto Basna melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Que Ngoc Hai yang maju sebagai eksekutor dengan sempurna menjalankan tugasnya. Vietnam pun unggul 2-0.

Pada menit ke-61, gawang Indonesia kembali bobol. Nguyen Tien Linh berhasil meloloskan diri dari jebakan off-side pemain Indonesia dan dengan sempurna menerima umpan terobosan dari rekan setimnya. Tanpa kesulitan berarti, Tien Linh menaklukkan M. Ridho dan membuat Vietnam menjauh 3-0.

Meski tertinggal tiga gol, namun Indonesia tetap berjuang keras mengejar ketertinggalannya. Pada menit ke-72, Tim Garuda mendapat peluang yang cukup bagus kala Alberto Goncalves melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti usai menerima umpan lambung. Akan tetapi, bola masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Vietnam.

Indonesia baru bisa mencetak gol di menit ke-84. Berawal dari upaya Riko SImanjuntak dalam menembus kotak penalti Vietnam, bola kemudian ia berikan kepada Irfan Bachdim yang berdiri cukup bebas. Tak menyia-nyiakan peluang tersebut, Irfan pun lekas mengkonversinya menjadi gol lewat tendangan mendatar. Skor berubah menjadi 3-1.

Di masa injury time, Vietnam mendapat hadiah penalti usai Dutra melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Akan tetapi, M. Ridho mampu menggagalkan eksekusi tersebut. Meski demikian, hal itu tak menghindarkan kekalahan 1-3 Indonesia dari Vietnam.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia: 20-Muhammad Ridho; 3-Muhammad Abduh Lestaluhu, 16-Yanto Basna (C), Otavio Dutra, 2-Putu Gede; 6-Evan Dimas, 8-Riko Simanjuntak, 10-Stefano Lilipaly, 18-Saddil Ramdani, 19-Bayu Pradana; 9-Beto Goncalves.

Timnas Vietnam: 23-Dang Van Lam; 2-Do Duy Manh, 3-Que Ngoc Hai (C), 4-B.T. Dung, 5-Doan Van Hau; 8-Nguyen Trong, 16-Do Hung Dung; 9-Nguyen Van Toan, 16-Do Hung Dung; 9-Nguyen Van Toan, 15-Pham Duc Huy, 18-Nguyen Tien Linh, 19-Nguyen Quang Hai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini