nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Timnas Indonesia U-22 Kalah Tipis dari Yordania

Ezha Herdanu, Jurnalis · Minggu 13 Oktober 2019 16:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 13 51 2116355 timnas-indonesia-u-22-kalah-tipis-dari-yordania-WQPBtxGRrN.jpg Skuad Timnas Indonesia U-22 (Foto: PSSI)

WUHAN – Tim nasional (Timnas) Indonesia U-22 melakoni laga kedua mereka dalam ajang CFA International Football Tournament 2019 dengan melawan Yordania di Stadion Wuhan Sport Center, Minggu (13/10/2019), siang WIB. Meski tampil dominan, Timnas Indonesia U-22 harus menyudahi laga ini dengan takluk 0-1 dari Yordania.

Kekalahan tersebut pun memaksa skuad Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– untuk sementara berada di dasar klasemen turnamen CFA International Football Tournament 2019 dengan raihan nol poin dari dua laga. Sementara bagi Yordania, kemenangan ini membuat posisinya naik satu peringkat ke urutan ketiga.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-22 memulai babak pertama laga melawan Yordania dengan tempo permainan cepat. Bahkan, Timnas Indonesia U-22 hampir saja membuka keunggulan, jika peluang emas dari Egy Maulana Vikri bisa membuahkan gol.

Babak pertama berjalan 16 menit, Timnas Indonesia U-22 hampir saja kecolongan oleh Yordania. Memanfaatkan serangan balik cepat, Mohammad Aburiziq nyaris membobol gawang Nadeo Argawinata, jika sepakannya tepat sasaran.

Tidak berselang lama, Yordania kembali mendapatkan peluang untuk bisa membuka keunggulan lebih dahulu Timnas Indonesia U-22. Kali ini giliran Saed Alrosan yang hampir membobol gawang Timnas Indonesia U-22. Namun upaya sundulannya yang memanfaatkan sepak pojok Nizar Alrashdan, masih menyamping di sisi kiri gawang Nadeo.

Timnas Indonesia U-23

Memasuki setengah jam babak pertama berjalan, Timnas Indonesia U-22 masih kesulitan untuk bisa menembus pertahanan Yordania. Beberapa kali upaya yang dilakukan Timnas Indonesia U-22 masih mampu dihentikan barisan belakang sang lawan.

Timnas Indonesia U-22 akhirnya mendapatkan peluang terbaiknya di menit ke-35 melalui aksi dari Witan Sulaiman. Menerima sodoran manis dari Egy, Witan lalu menyambutnya dengan sepakan kaki kanannya. Tapi tembakan Witan masih melambung di atas gawang kiper Yordania, Rafat Alraabie.

Dua menit jelang turun minum, Yordania kembali nyaris membobol gawang Timnas Indonesia U-22. Adalah Ahmad Haikal yang hampir membuat para pemain Timnas Indonesia U-22 tertunduk lesu, jika sepakannya tepat sasaran.

Di pengujung babak pertama Timnas Indonesia U-22 kembali gagal memanfaatkan momentum untuk memberikan ancaman ke gawang Yordania. Ya, aksi Egy berhasil diredam salah satu bek Yordania. Hingga 45 menit pertama usai, skor kacamata masih menghiasi laga Timnas Indonesia U-22 kontra Yordania.

Babak Kedua

Baru tiga menit babak kedua berlangsung, Yordania berhasil membuka keunggulan mereka atas Timnas Indonesia U-22. Adalah Abdulaziz Al Maiman yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, usai sepakan first time-nya gagal diamankan oleh Nadeo. Timnas Indonesia U-22 tertinggal 0-1 dari Yordania.

Tertinggal 0-1, membuat Timnas Indonesia U-22 langsung memberikan tekanan ke pertahanan Yordania. Alhasil, sebuah peluang emas pun didapat Timnas Indonesia U-22 untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun peluang emas yang didapat oleh Asnawi Mangkualam masih urung jadi gol.

Pada saat laga memasuki menit ke-60, Timnas Indonesia U-22 kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa menyamakan kedudukan. Kali ini giliran Tegar Sukamto yang hampir membobol gawang Yordania melalui sepakan bebasnya. Namun tembakan bebas Tegas masih berhasil diamankan kiper Yordania.

Ketika pertandingan menyisahkan 15 menit lagi, Yordania kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa mencetak gol kedua mereka di laga ini melalui sepakan dari Alzebdieh. Namun tembakan Alzebdieh masih berhasil ditepis oleh Nadeo.

Semenit berselang, Egy menebar ancaman ke gawang Yordania. Melakukan solo run, aksi Egy tersebut membuat Ihab Alkhawal Deh melanggarnya, dan wasit pun memberikan hadiah sepakan bebas di pinggir kotak penalti Yordania.

Timnas Indonesia U-23

Syahrian Abimanyu yang maju sebagai eksekutor penalti lalu coba melepaskan sepakan melengkung ke arah gawang Yordania. Namun sepakan Syahrian masih membentur salah satu kepala pagar betis yang dibentuk oleh Yordania.

Tiga menit jelang pertandingan berakhir, Yordania kembali memberikan ancaman ke pertahanan Timnas Indonesia U-22 melalui aksi Al Maiman. Akan tetapi upaya Al Maiman untuk bisa mencetak gol keduanya di laga ini masih berhasil digagalkan oleh Nurhidayat Harris.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya laga, tidak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua kubu. Timnas Indonesia U-22 pun harus puas menyudahi laga ini dengan takluk dari lawannya, Yordania.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-1-2-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Harris, Bagas Adi Nugroho, David Rumakiek; Syahrian Abimanyu; Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, I Kadek Agung Widnyana; Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Witan Sulaiman.

Pelatih: Indra Sjafri

Yordania (4-3-3): Rafat Alraabie; Ihab Alkhawal Deh, Bassam Daldoom, Saed Alrosan, Ahmad Haikal; Yazan Abelaal, Moath Ammouri, Nizar Alrashdan; Ali Olwan, Omar Alzebdieh, Mohammad Aburiziq

Pelatih: Iain Brunskill

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini