nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain yang Apes Gagal Masuk FIFA FIFPro World XI 2018-2019

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 25 51 2109130 5-pemain-yang-apes-gagal-masuk-fifa-fifpro-world-xi-2018-2019-FmuWTbu6i1.jpg Trofi yang diperebutkan FIFA Best Men 2019. (Foto: FIFA)

FIFA baru saja mengumumkan 11 pemain yang masuk ke dalam FIFA FIFPro World XI 2018-2019 pada Selasa 24 September 2019 dini hari WIB. Gelar individu itu merupakan penghargaan kepada pemain terbaik dari segala lini yang tampil memukau di sepanjang musim 2018-2019.

Dari starting XI terbaik itu, posisi kiper menjadi miliki penjaga gawang Liverpool, yakni Alisson Becker. Lalu empat pemain posisi belakang diberikan kepada Marcelo Vieira (Real Madrid), Matthijs de Ligt (Ajax Amsterdam/Juventus), Virgil van Dijk (Liverpool), dan Sergio Ramos.

Lalu di lini tengah ada tiga pemain yang terpili, yaitu Eden Hazard (Chelsea/Real Madrid), Luka Modric (Real Madrid), Frenkie de Jong (Ajax Amsterdam/Barcelona). Kemudian pada bagian depan menjadi milik Lionel Messi (Barcelona), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), dan Cristiano Ronaldo (Juventus).

11 pemain yang terpilih masuk ke dalam FIFA FIFPro World XI 2018-2019 itu memang dianggap layak menjadi yang terbaik di posisi bermain mereka selama ini. Namun, sebenarnya ada beberapa pemain yang seharusnya bisa saja masuk ke dalam daftar tersebut tapi kalah pamor saja atau kurang beruntung. Lalu siapa saja mereka?

Berikut 5 Pemain yang Apes Gagal Masuk FIFA FIFPro World XI 2018-2019, mengutip dari Sportskeeda:

5. Trent Alexander-Arnold (Liverpool)

Trent Alexander-Arnold saat sedang membela Liverpool

Alexander-Arnold adalah salah satu bek kanan terbaik saat ini. Fullback kepunyaan Liverpool itu bahkan tampil luar biasa disepanjang musim 2018-2019 dengan menorehkan berbagai prestasi di Liga Inggris.

Akan tetapi, semua itu ternyata tak cukup untuk membuatnya masuk ke dalam daftar starting XI terbaik versi FIFA untuk musim 2018-2019. Ia kalah bersaing dengan Ramos yang merupakan bek tengah Madrid.

4. Raheem Sterling (Manchester City)

Raheem Sterling saat sedang membela Manchester City

Sterling juga tampil tak kalah sensasional dari Alexander-Arnold di musim 2018-2019. Penampilannya yang apik itu pun mampu menbawa Manchester City menjadi jawara Liga Inggris di musim 2018-2019.

Tetapi, Sterling tampaknya kurang beruntung dan kalah pamor dari pemain yang masuk ke FIFA FIFPro World XI 2018-2019. Bagaimana tidak, pesaing Sterling di lini depan adalah Messi dan Ronaldo, yang merupakan dua pemain terhebat di era sepakbola sekarang.

3. Sadio Mane (Liverpool)

Sadio Mane saat sedang membela Liverpool

Mane yang tak masuk ke dalam skuad FIFA FIFPro World XI 2018-2019 sempat menjadi tanda tanya. Sebab Mane yang tampil sangat luar biasa bersama Liverpool dan Tim Nasional (Timnas) Senegal justru gagal masuk ke dalam daftar 11 pemain terbaik itu.

Nasib Mane sama seperti Sterling, yang mana mereka kalah bersaing dari Messi dan Ronaldo yang ditempatkan sebagai winger dari lini depan skuad terbaik FIFA itu. Padahal Mane sangat layak untuk masuk ke dalam daftar tersebut.

2. Bernardo Silva (Manchester City)

Bernardo Silva saat sedang membela Manchester City

Silva bisa dikatakan kunci dari kesuksesan Man City dalam menjuarai Liga Inggris 2018-2019. Selain membantu Man City menyabet suatu gelar, Silva pun juga berhasil membawa Timnas Portugal menjuarai UEFA Nations League 2018-2019.

Silva bisa dikatakan selalu mampu membuat timnya semakin kuat dan banyak berkontribusi dalam menciptakan gol. Namun, lagi-lagi itu semua tak cukup untuk membuat dirinya dianggap layak masuk ke dalam FIFA FIFPro World XI 2018-2019.

1. Andrew Robertson (Liverpool)

Andrew Robertson saat sedang membela Liverpool

Mencari fullback kiri hebat dalam dunia sepakbola adalah sesuatu hal yang cukup sulit untuk ditemukan. Karena jarang sekali ada pemain yang dominan bermain menggunakan kaki kiri dan berposisikan sebagai bek kiri. Jadi, jika ada salah satu pemain yang terlihat bersinar di posisi itu, maka pesepakbola tersebut bisa dibilang cukup hebat.

Seperti dalam beberapa tahun terakhir, bek kiri terhebat selalu dikaitkan antara Marcelo dan David Alaba dari Bayern Munich. Namun, Marcelo nyatanya lebih banyak berhasil masuk ke dalam FIFA FIFPro World XI untuk menempati posisi fullback kiri.

Akan tetapi, pada musim 2018-2019 Marcelo tak bersinar sama sekali. Bahkan ia kalah bersaing dengan Sergio Reguillon di Madrid karena performa pemain Brasil itu memang menurun drastis ketimbang musim-musim sebelumnya.

Pada musim 2018-2019, nama fullback kiri yang paling terdengar adalah Andrew Robertson kepunyaan Liverpool. Ia mampu menjadi fullback serba bisa, baik saat bertahan maupun menyerang hingga mampu memberikan asisst. Ia dianggap menjadi fullback kiri terbaik pada musim tersebut.

Kendati begitu, pada FIFA FIFPro World XI musim 2018-2019, Marcelo yang tak tampil bersinar justru masuk. Lalu Robertson harus kalah bersaing dengan Marcelo yang jumlah pertandingannya di musim itu saja lebih sedikit ketimbang pemain asal Inggris tersebut.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini