nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Rekor di Liga Inggris yang Mungkin Takkan Terpecahkan

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 18 45 2106310 5-rekor-di-liga-inggris-yang-mungkin-takkan-terpecahkan-EFjweQLLtI.jpg Trofi Liga Inggris (Foto: Premier League)

LIGA Inggris adalah kompetisi yang disebut-sebut paling kompetitif di Benua Eropa saat ini sejak berganti format pada musim 1992-1993. Level permainan yang tinggi menjadi daya tarik bagi para pesepakbola dunia untuk menjajal Liga Inggris.

Para pesepakbola yang bermain di Liga Inggris itu tak jarang meninggalkan rekor yang sulit untuk dipecahkan oleh siapa pun sebagai tanda kehebatannya. Berikut lima rekor di Liga Inggris yang cukup sulit untuk dipecahkan, dikutip dari Sportskeeda, Rabu (18/9/2019).

5. Penampilan Terbanyak – Gareth Barry, 653

Gareth Barry (Foto: Sportskeeda)

Gareth Barry secara mengejutkan memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Liga Inggris. Secara kemampuan nama Barry mungkin masih di bawah Frank Lampard atau Steven Gerrard tetapi masalah jumlah penampilan maka pria berusia 38 tahun itu adalah rajanya.

Barry mencatatkan 653 penampilan di Liga Inggris dengan membela Aston Villa, Manchester City, Everton dan West Bromwich Albion (WBA). Di antara keempat klub tersebut Barry paling sukses bersama Man City karena ia mampu meraih trofi Liga Inggris (2011-2012) dan Piala FA (2010-2011). Dua trofi itu adalah pencapaian terbaik pria berpaspor Inggris itu yang kini tidak memiliki klub usai dilepas WBA secara gratis pada 1 Juli 2019.

4. Clean Sheets Terbanyak – Petr Cech, 202

Petr Cech (Foto: UEFA)

Petr Cech menyudahi perjalannya sebagai pemain profesional pada akhir musim 2018-2019 di usia 37 tahun. Rekor Cech selama berkarier di Liga Inggris ialah mencatatkan clean sheets terbanyak yakni 202. Catatan itu Cech torehan saat membela Chelsea dan Arsenal.

Masa keemasan Cech tentu saja tersaji saat ia berseragam Chelsea terutama pada musim 2004-2005. Pasalnya, Cech mampu menorehkan 24 clean sheets pada musim tersebut. Torehan itu juga membuat Cech mencatatkan rekor sebagai penjaga gawang dengan clean sheets terbanyak dalam satu musim.

Penjaga gawang yang mungkin bisa melewati rekor clean sheets Cech adalah David de Gea milik Manchester United. De Gea yang kini masih aktif bermain berpeluang untuk mematahkan rekor milik Cech tetapi karena pertahanan Man United saat ini amat rapuh maka tugasnya menjadi lebih sulit.

3. Assist Terbanyak – Ryan Giggs, 162

Ryan Giggs (Foto: Sportskeeda)

Jika De Gea kesulitan untuk melewati rekor Cech maka hal berbeda berlaku untuk eks rekan setimnya, Ryan Giggs. Giggs yang merupakan legenda Man United memiliki rekor sebagai pemain dengan assist terbanyak yakni 162. Rekor luar biasa itu ditorehkan Giggs hanya dengan satu tim saja yakni The Red Devils –julukan Man United.

Assist yang ditorehkan Giggs membuahkan 35 trofi untuk Man United dalam 22 musim pengabdiannya. Giggs unggul 51 assist dari Cesc Fabregas yang ada di posisi kedua. Akan tetapi, Fabregas sepertinya sulit untuk mematahkan rekor Giggs karena pemain berpaspor Spanyol itu kini bermain untuk AS Monaco di Liga Prancis sejak musim dingin 2019.

2. Gol Sundulan Terbanyak – Peter Crouch, 53

Peter Crouch (Foto: Sportskeeda)

Peter Crouch yang baru saja pensiun pada musim panas 2019 sudah membela banyak tim di Liga Inggris. Berposisikan sebagai penyerang tengah membuat Crouch yang memiliki tinggi badan 2,01 meter kerap membuat gol dengan kepalanya. Rekor pemain dengan sundulan terbanyak pun dimiliki Crouch.

Crouch tercatat 53 kali membuat gol dengan kepalanya. Hanya Alan Shearer yang paling dekat dengan rekor Crouch lewat 46 gol sundulan. Meski demikian, karena Shearer pun sudah pensiun jauh sebelum Crouch maka rekor gol sundulan terbanyak sepertinya akan tetap menjadi milik pria berusia 38 tahun tersebut.

1. Pencetak Gol Terbanyak – Alan Shearer, 260

Alan Shearer (Foto: Sportskeeda)

Shearer boleh kalah dari Crouch soal gol menggunakan kepala tetapi secara keseluruhan maka berbeda ceritanya. Pasalnya, Shearer memegang rekor sebagai pemain dengan gol terbanyak di Liga Inggris. Shearer tercatat 260 kali menggetarkan jala gawang lawan saat berseragam Newcastle United dan Blackburn Rovers. Rekor itu membuat Shearer mengemban predikat legenda Liga Inggris.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini