nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedari Awal McMenemy Anggap Timnas Indonesia sebagai Tim Underdog saat Jumpa Thailand

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 05:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 11 51 2103247 sedari-awal-mcmenemy-anggap-timnas-indonesia-sebagai-tim-underdog-saat-jumpa-thailand-7e0LU2A88s.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy (Foto: PSSI)

JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Simon McMenemy, kecewa timnya kembali menelan kekalahan di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Setelah kalah 2-3 kontra Malaysia, kal ini skuad Garuda tepatnya kalah dari Thailand, pada Selasa 10 September 2019 malam WIB.

Meski bermain di kandang sendiri, yakni di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Timnas Indonesia justru dibuat tak berdaya lantaran kalah 0-3 dari The Elephant War -julukan Timnas Thailand. Hasil itu sungguh mengecewakan memang, namun menurut masih masuk diakal.

Baca juga: Tumbangkan Indonesia, Pelatih Thailand Apresiasi Penampilan Pemain Mudanya

Timnas Indonesia vs Thailand

Pasalnya sedari awal pertandingan, McMenemy sudah anggap Timnas Indonesia sebagai tim underdog atau yang tak diunggulkan untuk menang di laga tersebut. Hal itu karena ia melihat harus menerima fakta Thailand adalah salah satu tim terbaik di Asia Tenggara.

Apalagi menurut McMenemy beberapa pemain Thailand juga ada yang bermain di Liga Jepang yang telah memiliki kompetisi sepakbola yang sudah sangat baik. Ditambah, pelatih Thailand adalah Akira Nishino, juru taktik yang mampu membawa Timnas Jepang mencapai babak 16 besar di Piala Dunia 2018 kemarin.

Jadi jika membicarakan sebuah realitas, maka McMenemy percaya sulit bagi Timnas Indonesia untuk menang melawan Thailand. Karena itu ia menganggap skuad Garuda sebagai tim underdog sebelum laga dimulai.

"Ini adalah Thailand, ada bebeeapa pemain terbaik di Liga Jepang. Semua orang harus tahu itu. Kalau ekspektasinya kami bisa mengalahkan Thailand itu luar biasa, tapi kami tetap harus realistis," ungkap McMenemy, di konferensi pers, Rabu (11/9/2019).

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy

"Hal yang harus kami hadapi adalah realitas di luar sana. Kalau berbicara realistis, pasti semua tahu Timnas ndonesia sulit untuk juara Piala Dunia. Kalau ada yang bilang bisa, maka saya rasa kami bukan berada di planet yang sama," tambahnya.

"Anda tidak bisa menghakimi tim yang baru dibentuk selama enam bulan. Tapi harus tahu ekspetasinya seperti apa. Lalu mungkin, kami memang harus kalah terlebih dahulu untuk bisa bangkit nantinya," sambungnya.

Terlepas dari itu semua, McMenemy berharap para pemainnya bisa move dari laga kontra Thailand. Sebab, masih ada pertandingan lainnya yang menanti di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Seperti dalam waktu dekat, lawan Timnas Indonesia adalah Uni Emirat Arab (UEA).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini