nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kandidat Peraih Trofi Ballon dOr 2019 per September

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 02 September 2019 11:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 02 45 2099507 5-kandidat-peraih-trofi-ballon-dor-2019-per-september-bgX5ewiFEt.jpg Van Dijk saat meraih gelar pemain terbaik Eropa 2018-2019. (Foto: @VirgilvDijk)

PERAIH trofi Ballon dOr 2019 baru akan diumumkan akhir tahun ini. Namun, siapa yang bakal memenangi trofi tersebut sudah dapat diprediksi, jika ukurannya performa musim lalu dan kualitas yang ditunjukkan awal musim ini.

Setidaknya ada lima nama yang layak masuk kandidat untuk memenangi trofi berbentuk bola emas tersebut. Nama-nama di bawah ini memiliki kualitas untuk bertengger sebagai yang terbaik. Siapa saja?

Berikut 5 kandidat peraih trofi Ballon dOr 2019 per September:

5. Alisson Becker

Alisson Becker

Alisson memang sedang mengalami cedera betis dan diperkirakan baru merumput satu bulan ke depan. Namun, kiper berpaspor Brasil itu menampilkan performa istimewa bersama Liverpool musim lalu.

Alisson mencatatkan 21 clean sheet di ajang Liga Inggris 2018-2019, dan enam kali tidak kebobolan di Liga Champions. Alhasil, pria brewok tersebut meraih status kiper terbaik di kedua ajang tersebut.

Performa brilian juga ditunjukkan Alisson bersama Timnas Brasil di Copa America 2019. Dari enam penampilan, Alisson hanya kemasukan satu gol, sehingga gelar kiper terbaik juga jatuh ke tangannya.

4. Raheem Sterling

Raheem Sterling selebrasi

Sterling merupakan salah satu kunci Manchester City meraih tiga gelar di sepanjang musim lalu. Sebab, pesepakbola keturunan Jamaika itu dapat bertindak sebagai alternatif gol di saat penyerang Sergio Aguero mengalami kemandekan. Terbukti dari 51 pertandingan bersama Man City musim lalu, Sterling mengoleksi 25 gol dan 18 assist.

Kemudian di musim ini, ketajaman itu pun dilanjutkan Sterling. Dari empat pertandingan di Liga Inggris 2019-2020, Sterling mengoleksi lima gol. Sterling diyakini bakal melakoni banyak pertandingan bersama Man City musim ini, mengingat pesaingnya dalam memperebutkan posisi winger kiri yakni Leroy Sane mengalami cedera panjang.

3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Usianya memang sudah menginjak 34 tahun, namun jangan ragukan efek yang ditimbulkan dan ketajaman Ronaldo. Musim lalu bersama Juventus, Ronaldo mengoleksi 28 gol dan 10 assist, sekaligus membantu si Nyonya Tua menjadi yang terbaik di Liga Italia dan Piala Super Italia.

Kemudian di UEFA Nations League, Ronaldo juga mengantarkan Portugal menjadi kampiun usai menang 1-0 atas Belanda di partai puncak. Untuk musim ini, Ronaldo juga sudah membuka rekening golnya saat Juventus menang 4-3 atas Napoli akhir pekan lalu.

2. Lionel Messi

Lionel Messi

Messi menonjol dalam hal individual musim lalu. Dari 50 pertandingan di semua kompetisi bareng Barcelona, La Pulga –julukan Messi– mengoleksi 51 gol. Selain itu, Messi juga membawa Barcelona menjuarai Liga Spanyol, plus mengantarkan Blaugrana –julukan Barcelona– ke semifinal Liga Champions dan partai puncak Copa del Rey.

Berkat catatan di atas, Messi pun hampir meraih gelar pemain terbaik Eropa 2018-2019. Messi duduk di posisi dua, hanya kalah dari Virgil van Dijk yang membawa Liverpool jawara Liga Champions.

1. Virgil van Dijk

Virgil van Dijk

Van Dijk bisa dibilang kandidat terkuat untuk meraih trofi Ballon dOr 2019. Sebab, dalam lima musim terakhir, peraih trofi Ballon dOr adalah pesepakbola yang membawa timnya menjuarai Liga Champions. Selain itu, dalam lima musim terakhir juga, biasanya peraih gelar pemain terbaik Eropa bakal mendapatkan trofi Ballon dOr di tahun yang sama.

Sekadar diketahui, Van Dijk baru saja memenangi gelar pemain terbaik Eropa 2018-2019 setelah menyisihkan Messi dan Ronaldo. Musim ini, Van Dijk pun masih menunjukkan kemapanannya dalam mengawal lini belakang. Terbaru, Van Dijk berandil besar saat Liverpool tidak kemasukan alias menang 3-0 atas Burnley akhir pekan lalu.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini