nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Liga Italia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 12:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 21 47 2094702 5-pencetak-gol-terbanyak-dalam-sejarah-liga-italia-PLfwSBmau7.jpg Francesco Totti menjadi salah satu pemain tersubur dengan koleksi 250 gol (Foto: Getty Images)

PECINTA Liga Italia tentu sudah tidak sabar menyaksikan tim kesayangannya berlaga. Akhir pekan ini, Liga Italia 2019-2020 resmi dimulai. Pertandingan antara Parma vs Juventus pada Sabtu 24 Agustus 2019 malam WIB akan menjadi pembuka musim baru Serie A.

Revolusi kecil terjadi di tubuh sang juara bertahan seiring pergantian di kursi pelatih. Massimiliano Allegri yang mengantar Juventus merebut scudetto pada lima musim terakhir, diganti oleh Maurizio Sarri yang tidak lagi diinginkan di Chelsea.

Baca juga: Demiral Ingin Belajar Banyak Jadi Bek Terbaik di Juventus

Sepakbola Italia terlanjur dikenal sebagai surganya para pemain bertahan. Namun, tentu saja kemenangan tidak akan diraih jika sebuah tim hanya bertahan. Kehadiran seorang juru gedor jempolan dapat menjamin raihan tiga poin demi mendobrak pertahanan lawan.

Bicara soal gol, berikut daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Italia, melansir dari Sportskeeda, Rabu (21/8/2019).

5. Antonio Di Natale

Nama Antonio Di Natale memang tidak terlalu tenar buat penggemar sepakbola. Hanya mereka yang benar-benar jatuh cinta dan mengikuti sepakbola Italia saja yang akan memahami kehebatan striker mungil yang sebagian besar kariernya dihabiskan di Udinese ini.

Antonio Di Natale mentereng bersama klub-klub kecil (Foto: Sportskeeda)

Antonio Di Natale mengemas 18 gol buat Empoli (2002-2004) dan 191 gol buat Udinese (2004-2016). Total 209 gol menempatkannya dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Italia. Kaki kanan dan kirinya sama-sama mematikan di depan gawang.

Selain itu, Antonio Di Natale juga terbantu dengan menjadi eksekutor utama untuk Udinese. Total, 33 gol dicatatkan Antonio Di Natale selama berkostum putih hitam.

4. Giuseppe Meazza dan Jose Altafini

Posisi keempat pencetak gol terbanyak dihuni oleh dua legenda yang namanya besar di Kota Milan. Giuseppe Meazza dan Jose Altafini sama-sama mengukir 216 gol semasa aktif bermain. Pemain yang namanya disebut pertama bahkan sering dianggap sebagai penyerang terbaik Italia sepanjang masa.

Giuseppe Meazza mencetak 216 gol dalam 14 musim di Liga Italia pada dekade 1930-1940. Sebagian besar golnya, yakni 198 buah, dikoleksi saat berkostum Inter Milan. Tidak heran, nama sang penyerang kemudian diabadikan sebagai stadion tempat I Nerazzurri bermarkas.

Jose Altafini melegenda bersama AC Milan (Foto: Sportskeeda)

Sementara Jose Altafini mencetak 216 gol dalam 17 musim di Liga Italia pada 1958-1976. Sebagian besar golnya disumbangkan untuk AC Milan, yakni 120 buah. Kariernya di Italia berlanjut ke Napoli (71 gol), dan berakhir di Juventus (25 gol), sebelum hengkang ke Chiasso di Liga Swiss.

3. Gunnar Nordahl

Penggemar AC Milan tentu tahu akronim dari Gre-No-Li. Singkatan tersebut terdiri dari nama tiga legenda I Rossoneri yang berasal dari Swedia, yakni Gunnar Gren, Gunnar Nordahl, dan Nils Liedholm. Khusus untuk Nordahl, namanya harum sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Italia.

Gunnar Nordahl pemain asing tersubur di Liga Italia (Foto: Sportskeeda)

Sepanjang berkarier di Italia, Gunnar Nordahl total mencetak 225 gol dengan 210 di antaranya untuk AC Milan. Tak pelak, ia menjadi pemain asing dengan jumlah gol terbanyak di sepanjang sejarah Serie A. Ketajaman pria berjuluk Il Pompiere itu amat menakutkan buat pemain belakang lawan.

Jumlah 225 gol itu dicetak hanya dalam 291 penampilan di Liga Italia. Rasio gol per pertandingannya cukup tinggi, yakni 0,77. Belum lagi, Gunnar Nordahl tercatat sebagai pencetak hattrick terbanyak di Liga Italia, yakni 17 kali, rekor yang dipegang bersama dengan Giuseppe Meazza.

2. Francesco Totti

Pangeran AS Roma ini aslinya tidak berposisi sebagai penyerang, tetapi gelandang serang. Francesco Totti lebih banyak beroperasi di belakang striker, entah sebagai gelandang serang atau second striker. Akan tetapi, ketajamannya tidak perlu diragukan lagi.

Francesco Totti merupakan salah satu top skor Italia

Sejak debut pada 1992-1993 hingga pensiun pada 2017, Franscesco Totti mengemas 250 gol dari 619 penampilan di Liga Italia. Koleksi tersebut menempatkan suami dari Ilary Blasi di peringkat dua top skor sepanjang masa Serie A.

Selain dari permainan terbuka, Francesco Totti juga andal mencetak gol dari situasi bola mati. Total, jebolan akademi AS Roma itu mengoleksi 71 gol dari titik penalti dan 21 buah dari tendangan bebas langsung.

1. Silvio Piola

Pria yang pernah memperkuat Pro Vercelli, Lazio, Juventus, dan Novara ini menjadi top skor sepanjang masa Liga Italia dengan torehan 274 gol dari 537 penampilan. Salah satu rekor terbaik yang dipegangnya adalah pemain yang pernah mengemas enam gol dalam satu laga, bersama dengan Omar Sivori.

Nama Silvio Piola diabadikan sebagai stadion untuk Novara dan Pro Vercelli

Ketajaman Silvio Piola benar-benar mengerikan. Ia tercatat sebagai pemain termuda yang pernah mencetak hattrick (18 tahun) sekaligus yang tertua (37 tahun). Ketajaman Silvio Piola ditunjang dengan kemampuannya bermain di semua posisi di lini depan, baik kiri, kanan, mau pun tengah.

Silvio Piola lantas menjadi satu-satunya pemain yang pernah menyandang gelar top skor liga bersama tiga klub berbeda, yakni Pro Vercelli, Lazio, dan Novara. Namanya kini diabadikan sebagai nama stadion tempat Novara dan Pro Vercelli berlaga setelah sang striker meninggal dunia pada 1996.

1
5

Berita Terkait

Soccer Time

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini