Timnas Indonesia U-18 Pesta Gol ke Gawang Brunei di Piala AFF U-19 2019

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 10 51 2090264 timnas-indonesia-u-18-pesta-gol-ke-gawang-brunei-di-piala-aff-u-19-2019-gRPE6mulRd.jpeg Skuad Timnas Indonesia U-18 (Foto: PSSI)

BINH DUONG – Tim nasional (Timnas) Indonesia U-18 melakoni matchday ketiga Grup A Piala AFF U-19 2019 dengan menghadapi Brunei Darussalam di Go Dau Stadium, pada Sabtu (10/8/2019) sore WIB. Tampil menekan, Timnas Indonesia U-18 mampu menutup laga ini dengan kemenangan 6-1 atas Brunei.

Kemenangan atas Brunei pun membawa Timnas Indonesia U-18 untuk sementara memuncaki klasemen Grup A Piala AFF U-19 2019. Timnas Indonesia U-18 unggul agresifitas gol dengan Myanmar yang berada di posisi kedua.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-18 mampu membuka keunggulan atas Brunei 1-0 ketika laga baru berusia delapan menit melalui aksi Amiruddin Bagus Kahfi. Memaksimalkan umpan matang dari Rendy Juliansyah, Bagus lalu melepaskan tembakan yang gagal diamankan oleh kiper Brunei, Mohammad Riyan.

Hanya berjarak dua menit, Timnas Indonesia U-18 berhasil memperbesar keunggulan jadi 2-0 atas Brunei. Kali ini giliran Rendy yang mencatatkan namanya di papan skor melalui eksekusi penalti. Hadiah penalti sendiri didapat Timnas Indonesia U-18 setelah Bagus mendapatkan pelanggaran dari bek Brunei.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-20, Timnas Indonesia U-18 kembali mendapatkan peluangnya untuk menambah keunggulan atas Brunei. Akan tetapi upaya sundulan yang dilakukan oleh Rizky Rido masih belum tepat sasaran.

Timnas Indonesia U-18

Timnas Indonesia U-18 akhirnya mampu menambah keunggulan jadi 3-0 atas Brunei melalui aksi dari Beckham. Memaksimalkan operan dari Rendy, Beckham melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang gagal digapai kiper Brunei.

Pada menit ke-34, Timnas Indonesia U-18 kembali berhasil memperbesar keunggulannya jadi 4-0 atas Brunei. Kali ini adalah Khairul Imam Zakiri sang pencetak gol. Khairul mampu menyambut umpan silang dari Saddam Emiruddin Gaffar dengan sundulan yang meluncur deras ke dalam gawang Brunei.

Memasuki dua menit jelang turun minum, Rendy berhasil mencetak gol keduanya di laga ini sekaligus membawa Timnas Indonesia U-18 unggul 5-0 atas Brunei. Hingga babak pertama usai, keunggulan Timnas Indonesia U-18 atas Brunei tetap menghiasi papan skor laga ini.

Babak Kedua

Pada babak kedua laga ini, Timnas Indonesia U-18 sama sekali tak mengubah gaya bermain mereka yang terus memberikan tekanan ke pertahanan Brunei. Bahkan, Timnas Indonesia U-18 hampir mencetak gol keenamnya di laga ini, jika sepakan Beckham tak dihentikan salah satu bek tim lawan.

Tidak berselang lama, giliran Bagus yang hampir menambah keunggulan Timnas Indonesia U-18 atas Brunei. Akan tetapi tembakan yang dilepaskan Bagus masih mampu dihentikan oleh penjaga gawang Brunei.

Alih-alih mampu menambah keunggulan, Timnas Indonesia U-18 harus menerima kenyataan gawang mereka dibobol oleh pemain Brunei. Adalah Muhammad Hilmi yang mampu memperkecil kedudukan Brunei dari Timnas Indonesia U-18 jadi 1-5.

Tersentak dengan gol Brunei, membuat Timnas Indonesia U-18 semakin gencar memberikan tekanan mereka ke pertahanan sang lawan. Akan tetapi beberapa peluang emas yang didapat pasukan Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-18– masih belum menghasilkan gol keenam mereka di laga ini.

Timnas Indonesia U-18

Pada menit ke-68, Timnas Indonesia U-18 nyaris memperbesar keunggulan mereka jadi 6-1 melalui aksi Bayu Mohammad Fiqri. Akan tetapi sundulan yang dilepaskan Bayu usai memanfaatkan sepak pojok Rendy masih membentur tiang gawang.

Upaya Timnas Indonesia U-18 untuk bisa memperbesar keunggulan jadi 6-1 atas Brunei akhirnya terealisasikan pada menit ke-76. Bagus berhasil kembali mencatatkan namanya di papan skor, setelah tembakannya dari dalam kotak penalti tak mampu dihalau kiper Brunei.

Memasuki lima menit jelang pertandingan berakhir, Timnas Indonesia U-18 hampir saja memperbesar keunggulan mereka jadi 7-1 atas Brunei. Namun sangat disayangkan tembakan spekulasi yang dilepaskan Bagus mampu masih ditangkap oleh Riyan.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang dicetak. Timnas Indonesia U-18 pun berhasil menyudahi pertandingan ini dengan kemenangan 6-1 atas Brunei.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-18: Muhammad Adisatryo; Yudha Febrian, Aditya Aksah, Bayu Mohammad Fiqri, Rizky Rido; Theo Da Costa Numberi, Beckham Putra, Khairul Imam Zakiri, Rendy Juliansyah; Saddam Emiruddin Gaffar, Amiruddin Bagus Kahfi.

Brunei Darussalam U-18: Mohammad Riyan; Muhammad Khoirunnaas Khalid, Mohd Zini, Aisan Asamuddin Abdullah, Lim Soon Heng, Muhammad Nazhan, Mohd Saleh Emzah; Abdul Adib Mohd Roslan, Aminul Aizad Hj Zaidi; Saffiuddin Abd Shanfi, Hakeme Yazid Said.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini