nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemimpin Generasi Emas Portugal Bernama Luis Figo

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 12:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 09 51 2089950 pemimpin-generasi-emas-portugal-bernama-luis-figo-pu4dvuWl0y.jpg Skuad Timnas Portugal saat menjuarai Piala Dunia U-20 1991. (Foto: FIFA.com)

LUIS Figo 15 tahun (1991-2006) membela Tim Nasional senior Portugal. Dalam kurun waktu tersebut, Figo turun di 127 pertandingan dengan koleksi 32 gol. Selama membela Seleccao das Quinas –julukan Portugal, memang tidak ada trofi prestisius yang diraih.

Pencapaian terbaik Figo bersama Portugal adalah mengantarkan sang negara finis runner-up di Piala Eropa 2004, serta menyelesaikan turnamen di posisi empat Piala Dunia 2006. Di semasa perjalanannya membela Timnas Portugal, Figo seangkatan dengan pemain-pemain brilian. Sebut saja Rui Costa, Abel Xavier, Jorge Costa dan lain-lain.

Kombinasi pemain-pemain tersebut bahkan pernah berjaya di level junior, tepatnya di Piala Dunia U-20 1991 yang digelar di Portugal. Saat itu, Portugal menjadi yang terbaik setelah di final mengalahkan Brasil dengan skor 4-2 via adu penalti.

Luis Figo

Saat itu, Figo yang baru berusia 18 tahun dipercaya sebagai kapten. Padahal, di skuad yang kala itu ditangani Carlos Quieroz mayoritas diisi para pemain yang berusia 19 tahun. Ambil contoh Rui Costa yang saat itu berusia 19 tahun.

Sebenarnya tidak mengherankan Figo ditunjuk sebagai kapten. Sebab, Figo kala itu berstatus sebagai pemain utama di salah satu raksasa Portugal, Sporting Lisbon. Berkat kualitas dari Figo, Portugal tampil apik di Piala Dunia U-20 1991.

Kala itu, Portugal tergabung di Grup A bersama Korea, Republik Irlandia dan Argentina. Secara luar biasa, Portugal menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan. Berturut-turut, Portugal menang 2-0 atas Irlandia, Argentina (3-0) dan Korea (1-0).

Koleksi tiga kemenangan membuat Portugal finis sebagai juara Grup A dan melaju ke perempatfinal. Di babak tersebut, Portugal ditantang Meksiko yang di luar dugaan memberikan perlawanan sengit. Setelah bermain 1-1 di waktu normal, Portugal pada akhirnya menang 2-1 setelah di masa perpanjangan waktu Nelson Antonio atau biasa disapa Toni mencetak gol kemenangan.

Kemenangan 2-1 atas Meksiko meloloskan Portugal ke semifinal untuk menantang Australia. Portugal menang 1-0 atas Australia lewat gol Rui Costa di menit 31. Selanjutnya di partai puncak, Portugal bersua Brasil. Setelah bermain 0-0 di waktu normal, laga harus dilanjutkan ke babak adu tendangan penalti.

Infografis Luis Figo

Portugal pada akhirnya menang 4-2 setelah empat eksekutor mereka yakni Jorge Costa, Figo, Paulo Torres dan Rui Costa berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara Brasil, dari empat eksekutor, dua di antaranya yakni Giovanni Elber dan Marquinhos gagal menjalankan tugasnya secara sempurna.

Karena itu bisa dibilang, Piala Dunia U-20 1991 adalah awal mula Figo menjadi pemimpin generasi emas Portugal. Meski gagal menjadi juara di level senior, setidaknya Portugal yang dipimpin Figo mampu menembus final Piala Eropa 2004 dan melaju ke semifinal Piala Dunia 2006.

1
2

Berita Terkait

Liputan Khusus

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini