nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hal yang Wajib Diwaspadai Barcelona di Musim Baru

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 12:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 07 46 2088812 5-hal-yang-wajib-diwaspadai-barcelona-di-musim-baru-pqmh2MeTPd.jpg Barcelona wajib mewaspadai lima hal agar musim 2019-2020 tidak berakhir bencana (Foto: Situs resmi Barcelona)

PERGERAKAN Barcelona di bursa transfer musim panas 2019 membuat penggemarnya semringah. Betapa tidak, Blaugrana sukses mendaratkan dua talenta besar dalam diri Frenkie de Jong dan Antoine Griezmann meski ditebut dengan harga yang tidak murah.

Kedatangan dua pemain tersebut diharapkan dapat mengubah peruntungan Barcelona dalam dua musim terakhir, utamanya di Liga Champions. Peta jalan yang ditempuh anak asuh Ernesto Valverde dalam dua musim terakhir selalu sama, yakni tidak tersentuh di Liga Spanyol, berantakan di Eropa.

Baca juga: 4 Alasan Tottenham Bisa Juara Liga Inggris 2019-2020, Nomor 1 Paling Krusial

Warna permainan Barcelona era Ernesto Valverde juga dinilai monoton, yakni terlalu mengandalkan kebintangan Lionel Messi seorang. Kedatangan Frenkie de Jong dan Antoine Griezmann diharapkan mampu mengurangi beban di pundak La Pulga.

Akan tetapi, Barcelona tetap harus pasang alarm waspada sepanjang musim 2019-2020 agar tidak makin runyam. Berikut lima hal yang patut diwaspadai Barcelona, dinukil dari Sportskeeda, Rabu (7/8/2019).

5. Komposisi Lini Tengah

Kedatangan Frenkie de Jong membuat komposisi di lini tengah Barcelona dipastikan berubah. Para penghuni lama seperti Sergio Busquets, Ivan Rakitic, dan Arturo Vidal dinilai sudah terlalu tua serta harus diganti. Dari ketiga pemain tersebut dapat dilihat bagaimana racikan taktik Valverde di tengah.

Frenkie de Jong kemungkinan besar masuk skema permainan Ernesto Valverde (Foto: Situs resmi Barcelona)

Sergio Busquets ditugaskan sebagai penyeimbang, sementara Ivan Rakitic memberi sentuhan kreatif, dan Arturo Vidal berperan sebagai gelandang box to box. Dari ketiga pemain tersebut, hanya Sergio Busquets yang mungkin posisinya tidak tergeser pemain-pemain muda.

Frenkie de Jong, Arthur Melo, Carles Alena, dan Riqui Puig disiapkan untuk menggusur Ivan Rakitic dan Arturo Vidal. Kurang dinamisnya lini tengah akibat personel yang mulai digerogoti usia, harus diperhatikan betul-betul oleh Ernesto Valverde agar mulai mempercayai pemain-pemain muda.

4. Penyegaran di Lini Belakang

Selama 10 tahun terakhir, nama Gerard Pique identik dengan lini belakang Barcelona. Hanya cedera dan akumulasi kartu saja yang bisa menyingkirkan nama pemain asal Spanyol itu dari starting line up. Lini belakang Barcelona baru mendapat sorotan ketika dihancurkan Liverpool dan Sevilla di penghujung musim.

Gerard Pique wajib memiliki pelapis (Foto: Situs resmi Barcelona)

Sektor penjaga gawang tidak ada masalah karena Marc-Andre ter Stegen mendapat pelapis bagus dalam diri Neto. Kedua fullback pun sudah memiliki dua pemain yang punya kualitas setara, yakni Nelson Semedo dan Sergi Roberto di kanan serta Jordi Alba dan Junior Firpo di kiri.

Satu-satunya sorotan ada pada bek tengah yang dihuni Gerard Pique dan Samuel Umtiti. Barcelona hanya memiliki pelapis dalam diri Clement Lenglet. Jean Clair Todibo dan Moussa Wague diyakini akan lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan atau kembali dipinjamkan.

3. Taktik Pragmatis Ernesto Valverde

Dalam dua musim terakhir, penggemar Barcelona kerap mempertanyakan taktik dan strategi Ernesto Valverde. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu dinilai kurang cakap dalam memanfaatkan potensi para pemain sehingga tidak pantas berada di tim sebesar Barcelona.

Sorotan terbesar dari pelatih berusia 55 tahun itu adalah tidak punya pakem permainan yang baku. Ia kerap mengubah strategi meski formasi dasar jarang diutak-atik. Apa pun strategi permainan yang diterapkan Valverde, kuncinya tetap berada di Lionel Messi.

Ernesto Valverde disorot karena taktik pragmatis (Foto: Situs resmi Barcelona)

Pendekatan untuk memperkuat lini pertahanan ketika bertemu lawan yang setara, membuat pendukung Barcelona sebal terhadap Ernesto Valverde. Ia diminta untuk lebih percaya diri dengan menerapkan permainan menyerang, siapa pun lawan Barcelona.

2. Jalan Keluar untuk Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho

Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho didatangkan Barcelona dengan total harga mencapai 247 juta Euro (setara Rp3,95 triliun). Akan tetapi, keduanya kerap mendapat sorotan karena dinilai tampil di bawah standar dan tidak sesuai uang besar yang dikeluarkan Barcelona.

Ousmane Dembele rawan tergusur karena Antoine Griezmann (Foto: Situs resmi Barcelona)

Philippe Coutinho malah lebih akrab dengan bangku cadangan serta kritik dari penggemar Barcelona sendiri. Sedangkan Ousman Dembele kerap keluar masuk ruang perawatan. Musim 2019-2020 bisa saja menjadi periode terakhir keduanya mengenakan kostum merah biru.

Ousmane Dembele mungkin masih aman, tetapi Philippe Coutinho terus mendapat tekanan. Jika bisa bertahan di Barcelona, maka pemain asal Brasil itu harus berjuang mendapat tempat kembali seiring kedatangan Antoine Griezmann yang mungkin saja menggusurnya ke bangku cadangan.

1. Cara Kerja Lini Depan

Pertanyaan terbesar yang harus dijawab oleh Ernesto Valverde adalah bagaimana mengakomodasi trio penyerang Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan Luis Suarez. Menempatkan salah satunya di bangku cadangan tentu bukan pilihan bijak.

Kedatangan Antoine Griezmann pasti mengubah komposisi lini depan Barcelona (Foto: Situs resmi Barcelona)

Antoine Griezmann dan Lionel Messi punya peran dan posisi yang mirip sehingga rawan berbenturan. Memainkan Grizou sebagai winger tentu menjadi solusi walau pemain asal Prancis itu tidak lagi bermain menyisir sayap semenjak hengkang ke Atletico Madrid dari Real Sociedad.

Alternatif lainnya adalah menduetkan Suarez dan Griezmann di depan, diikuti Messi sebagai penyerang lubang atau fantasista. Kemungkinan lainnya adalah menggeser Antoine Griezmann ke belakang untuk berdiri sejajar dengan Lionel Messi, sementara Luis Suarez menjadi striker tunggal di depan.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini