nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selama Berkarier di Dunia Sepakbola, Owen Berkhianat Dua Kali

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 19:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 20 51 2081462 selama-berkarier-di-dunia-sepakbola-owen-berkhianat-dua-kali-mPwELAb1xF.jpg Owen membela Man United yang notabene rival abadi klub sebelumnya, Liverpool. (Foto: REUTERS)

DALAM dunia sepakbola, kesetiaan jelas merupakan sebuah harga yang sangat mahal. Jarang ada pemain yang bisa bertahan di satu klub saja di sepanjang karier sepakbolanya. Jika ada, tentu hanya sedikit yang bisa melakukannya.

Untuk Michael Owen, kata kesetiaan tampaknya tak terlalu berlaku dalam kariernya di dunia sepakbola. Bukan hanya karena kerap kali berganti klub, namun pemain berjuluk The Wonder Man itu pindah ke tim yang merupakan rival dari klub yang pernah ia bela.

Owen pun sudah berkhianat sejak kecil. Kali itu, Owen adalah penggemar berat Everton. Ayah kandungnya, Terry Owen, pun adalah mantan pemain dari klub berjuluk The Toffes tersebut. Jadi wajar saja jika Owen kecil sangat menggemari Everton.

MIchael Owen selebrasi

(Owen bersinar bersama Liverpool)

Akan tetapi, di saat Owen sedang menyukai Everton, ia justru bergabung dengan Liverpool ketika usianya mulai menginjak 12 tahun. Ia memilih bergabung dengan rival abadi Everton dan memulai karier sepakbolanya di sana.

Owen bertahan di Liverpool cukup lama. Setelah masuk ke akademi Liverpool hingga ke tim senior, pada 2004 Owen pun memutuskan untuk hengkang dan pergi ke Liga Spanyol untuk bermain bersama Real Madrid. Keputusan Owen pun disambut baik oleh para pendukung Liverpool karena ia pindah ke tim lain yang bukan di Liga Inggris.

Kendati begitu, nyatanya Owen hanya bertahan semusim saja di Los Merengues –julukan Madrid. Ia justru kembali lagi ke Liga Inggris untuk bermain bersama Newcastle United. Saat itu, para pendukung Liverpool menanggapinya biasa saja dan agak sedikit senang karena bisa melihat lagi pemain idolanya dulu tampil di Liga Inggris.

Akan tetapi, pada musim 2009-2010 Owen justru bergabung ke Manchester United. Keputusan Owen itu lantas membuat para pendukung Liverpool murka. Owen dianggap sebagai pengkhianat karena telah bergabung ke tim Man United, klub yang sangat dibenci oleh para pendukung Liverpool.

Owen saat bela Man United

(Owen saat membela Manchester United)

Seperti yang diketahui, baik Liverpool dan Man United memang memiliki sejarah rivalitas yang panjang. Kedua klub itu adalah tim yang terbaik di Liga Inggris dan saling bersaing untuk membuktikan diri siapa yang lebih hebat. Tak hanya sekadar di klub, namun rivalitas itu juga turun hingga ke para suporternya. Jadi wajar saja jika memang Owen langsung dicap pengkhianat oleh para penggemar The Reds –julukan Liverpool.

Owen bermain untuk Man United hanya selama tiga musim saja. Selepas itu, ia sempat sebentar bermain di Stoke City, dan akhirnya memilih pensiun pada 1 Juli 2013.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini