nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hajar Vietnam 7-5, Timnas Futsal Indonesia U-20 Lolos ke Semifinal Piala Asia Futsal 2019

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 15:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 18 51 2067852 hajar-vietnam-7-5-timnas-futsal-indonesia-u-20-lolos-ke-semifinal-piala-asia-futsal-2019-sBaa3QZjAH.jpg Skuad Timnas Futsal Indonesia U-20. (Foto: AFC)

TABRIZ – Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia U-20 lolos ke semifinal Piala Asia Futsal U-20 2019 usai mengalahkan Vietnam dengan skor 7-5 di babak perempatfinal. Pada pertandingan yang berlangsung di Shahid Poursharifi, Selasa (18/6/2019) itu, Timnas Futsal Indonesia U-20 pun mencetak sejarah baru. Karena untuk pertama kalinya Indonesia lolos ke semifinal ajang Piala Asia Futsal U-20 tersebut.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Akibat permainan yang apik itu, Timnas Futsal Indonesia U-20 pun mampu unggul cepat. Abdussalam menjadi pemain pertama Timnas Futsal Indonesia U-20 yang mencatatkan namanya di papan skor.

Akan tetapi, Vietnam tak tinggal diam. Mereka terus-terusan menekan lini pertahanan Timnas Futsal Indonesia U-20. Namun, berkat apiknya penampilan penjaga gawang Indonesia, yakni Ahmad Habibie, Vietnam pun akhirnya selalu gagal ketika akan mencetak gol.

Ketika terus ditekan oleh Vietnam, Timnas Futsal Indonesia U-20 tetap memberikan perlawanan yang berarti. Bahkan tim asuhan Kensuke Takahashi itu kembali dapat mencetak gol di babak pertama tersebut.

Kali ini giliran Syaifullah yang mencatatkan namanya di papan skor. Kini skor pun menjadi 2-0 untuk keunggulan Timnas Futsal Indonesia U-20. Setelah unggul dua angka, Timnas Futsal Indonesia semakin bersemangat menekan pertahanan Vietnam.

Timnas Futsal Indonesia

Baik Firman, Sanjaya, Abdussalam, Syaifullah, secara berganti-gantian menciptakan peluang. Namun sayang, kali ini peluang tersebut gagal dikonversikan menjadi gol oleh para pemain Timnas Futsal Indonesia U-20.

Vietnam pun sebenarnya sempat memiliki dua kesempatan tendangan penalti di sepanjang babak pertama. Namun, semua itu gagal dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain Vietnam dan penampilan apik Habibie juga menjadi alasan sulitnya tim lawan menjebol gawang Timnas Futsal Indonesia U-20. Tak lama, babak pertama pun berakhir. Untuk sementara Timnas Futsal Indonesia U-20 unggul 2-0 atas Vietnam.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, permainan Timnas Futsal Indonesia U-20 semakin menggila. Bagaimana tidak, skor 2-0 yang terjadi di babak pertama mampu ditambahkan menjadi 5-0 sesaat pertandingan babak kedua baru dimulai. Tepatnya dalam kuran waktu kurang lebih 10 menit Timnas Futsal Indonesia U-20 mampu mencetak tiga gol tambahan.

Tak puas usai unggul lima gol, Timnas Futsal Indonesia U-20 lagi-lagi mencetak gol. Agung yang tampil baik menjadi pemain yang mencetak gol keenam Indonesia di laga tersebut. Skor di papan pun berubah menjadi 6-0 untuk Timnas Futsal Indonesia U-20 atas Vietnam.

Vietnam yang tertinggal enam gol justru tak menyerah. Mereka juga kerap kali menggempur pertahanan Indonesia. Bahkan mereka menerapkan taktik powerplay, di mana kiper ikut membantu para pemain lain untuk menyerang.

Timnas Futsal Indonesia U-20

Alhasil dua gol mampu Vietnam ciptakan berkat taktik powerplay tersebut. Akan tetapi, taktik itu juga membuat gawang Vietnam menjadi kosong dan hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para penggawa Timnas Futsal Indonesia U-20 lantaran bisa mencetak gol tambahan lagi usai Vietnam mencetak gol kedua mereka. Skor pun menjadi 7-2 untuk keunggulan Timnas Futsal Indonesia U-20.

Kembali memiliki jarak yang jauh, Vietnam terus berusaha untuk mencetak gol. Usaha mereka pun berhasil, tiga gol berhasil Vietnam ciptakan di lima menit laga ingin berakhir. Skor pun menjadi 7-5, Timnas Futsal Indonesia U-20 terlihat kehilangan fokus sehingga mampu didekati Vietnam.

Kendati begitu, pada akhirnya upaya Vietnam untuk terus mengejar skor Timnas Futsal Indonesia U-20 terhenti lantaran wasit sudah meniupkan peluit panjang pertanda laga telah berakhir. Dengan skor 7-5 itu, Timnas Futsal Indonesia U-20 pun lolos ke semifinal Piala Asia Futsal U-20 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini