nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain Liga Inggris yang Bisa Duduki Podium Ballon dOr 2019

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 10:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 23 51 2059369 5-pemain-liga-inggris-yang-bisa-duduki-podium-ballon-dor-2019-8xuwcltdf3.jpg Van Dijk calon peraih trofi Ballon dOr 2019. (Foto: @VirgilVDijk)

DALAM lima tahun terakhir, peraih trofi Ballon dOr adalah pesepakbola yang membawa timnya meraih gelar Liga Champions. Jika hal di atas masih menjadi tolok ukur, pemain-pemain dari Liverpool dan Tottenham Hotspur jadi yang paling berpeluang merebut trofi Bola Emas, berhubung kedua tim akan saling bertemu di final Liga Champions 2018-2019.

Akan tetapi, jika ukurannya pengisi podium (posisi 1, 2 dan 3), pemain di luar non-final Liga Champions masih berpotensi masuk. Dipercaya, pengisi podium adalah pemain-pemain yang juga mentas di Liga Inggris.

Kenapa? Karena final Liga Eropa (kasta kedua kompetisi antarklub Eropa) juga mempertemukan klub-klub asal Inggris, yakni Chelsea dan Arsenal. Karena itu, pengisi podium Ballon dOr 2019 dipercaya didominasi pemain-pemain yang eksis di Liga Inggris 2018-2019.

Berikut 5 pemain Liga Inggris yang bisa duduki podium Ballon dOr 2019:

5. Eden Hazard (Chelsea)

Eden Hazard

Secara kualitas, Eden Hazard tak perlu diragukan lagi. Sepanjang musim ini, winger berpaspor Belgia itu mengoleksi 19 gol dan 16 assist dari 51 pertandingan di semua kompetisi. Berkat kontribusi dari Hazard juga, hasil yang diraih Chelsea musim ini tak bisa dikatakan buruk.

Mereka lolos ke final Liga Eropa dan Piala Liga Inggris, serta finis di posisi tiga Liga Inggris 2018-2019. Jika pun gagal merebut trofi Ballon dOr 2019, Hazard setidaknya layak untuk duduk di posisi tiga besar.

4. Sadio Mane (Liverpool)

Sadio Mane

Mane menjalani musim terbaiknya bersama Liverpool. Dari 49 pertandingan di semua kompetisi, winger berpaspor Senegal itu mengoleksi 26 gol dan lima assist. Bahkan Mane tercatat sebagai top skor Liga Inggris 2018-2019 setelah mengoleksi 22 gol.

Namun, membawa Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019 diyakini belum cukup bagi Mane untuk sekadar duduk di podium Ballon dOr 2019. Eks pemain Southampton itu wajib mencetak gol di partai final Liga Champions. Jika berhasil mencetak gol, peluang Mane mengangkat trofi Ballon dOr 2019 semakin besar.

3. Mohamed Salah (Liverpool)

Mohamed Salah

Dalam dua musim terakhir, Salah berstatus sebagai juru gedor andalan Liverpool. Musim ini, pemain asal Mesir itu mengoleksi 26 gol dan 13 assist dari 51 pertandingan di berbagai kompetisi bersama Liverpool.

Sama seperti Mane, membawa Liverpool memenangi trofi Liga Champions tidak cukup baginya untuk memenangi trofi Bola Emas. Salah wajib mencetak gol kemenangan Liverpool atas Tottenham jika ingin meraih trofi Ballon dOr pertamanya.

2. Son Heung-min (Tottenham Hotspur)

Son Heung-min

Son tampil prima bersama Tottenham musim ini. Dari 47 pertandingan di semua kompetisi, penyerang asal Korea Selatan (Korsel) itu mengoleksi 20 gol dan 10 assist. Bahkan, gol-gol Son kerap berkontribusi atas kelanjutan nasib The Lilywhites –julukan Tottenham.

Gol Son paling berperan saat Tottenham menghadapi Manchester City di perempatfinal Liga Champions 2018-2019. Dari empat gol yang dicetak Tottenham dalam dua pertandingan, tiga di antaranya dikemas eks pemain Bayer Leverkusen tersebut. Karena itu, andai Tottenham finis sebagai juara Liga Champions, Son berpeluang memenangi trofi Ballon dOr 2019.

1. Virgil van Dijk (Liverpool)

Van Dijk

Biasanya, pemain yang beroperasi di posisi belakang agak terpinggirkan saat ada nominasi pemain terbaik. Akan tetapi, performa luar biasa yang ditunjukkan bersama Liverpool musim ini, membuat Van Dijk mengubah pola pikir di atas.

Asalkan Liverpool keluar sebagai kampiun Liga Champions 2018-2019, dapat dipasikan Van Dijk merebut trofi Ballon dOr 2019. Sebab, bek berpaspor Belanda itu juga menjadi salah satu kunci kukuhnya pertahanan Liverpool musim ini, termasuk saat mematikan pergerakan Lionel Messi (Barcelona) leg II semifinal Liga Champions.

Selain itu, Van Dijk juga dikenal sebagai pemain belakang yang tajam. Dari 49 pertandingan di semua kompetisi bersama Liverpool musim ini, Van Dijk mengoleksi enam gol dan empat assist.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini