nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lewati Adu Penalti, Chelsea Susul Arsenal ke Final Liga Eropa 2018-2019

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 04:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 10 51 2053803 lewati-adu-penalti-chelsea-susul-arsenal-ke-final-liga-eropa-2018-2019-zWZUlZImSw.jpg Chelsea lolos ke final Liga Eropa 2018-2019 (Foto: UEFA)

LONDON – Chelsea sukses melangkah ke final Liga Eropa 2018-2019 usai menaklukkan Eintracht Frankfurt di babak semifinal. Bermain di Stamford Bridge, Jumat (10/5/2019) dini hari WIB, Chelsea harus melewati drama adu penalti untuk memastikan tiket ke final Liga Eropa 2018-2019.

Setelah bermain imbang 1-1 di leg kedua, laga harus berlanjut ke babak tambahan karena skor agregat menjadi 2-2 (leg pertama 1-1). Laga babak tambahan pun tak menemui hasil dan harus berkahir ke babak adu penalti. Pada babak adu penalti Chelsea menang tipis dengan skor 4-3.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Laga dimulai, kedua tim tampil terbuka dan saling menekan. Chelsea memulai lebih dulu dengam menekan sayap kiri Frankfurt. Tim tamu pun membalasnya bahkan sukses menembus pertahanan Chelsea. Sayang tandukan keras Sebastian Rode digagalkan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Setelah membuka laga dengan saling menyerang, Chelsea mulai menguasai jalannya pertandingan. Tetapi pada menit 15, Frankfurt berhasil membuat serangan balik yang nyaris menjebol gawang Chelsea.

Chelsea vs Frankfurt (Foto: @ChelseaFC/Twitter)

Danny da Costa hampir membuka skor untuk Frankfurt lewat tembakan voli yang ia lancarkan ke arah gawang. Namun, tendangannya itu masih mampu ditepis Kepa yang mengarah pojok kanan gawang. Skor masih imbang 0-0.

Dominasi Chelsea pun tetap berlanjut, namun selalu menemui kebuntuan. Hingga akhirnya pada menit 28, gol yang dinanti-nanti Chelsea tiba. Ruben Loftus-Cheek sukses membuka keunggulan atas Frankfurt setelah menerima umpan terobosan dari Eden Hazard.

Tak sia-siakan kesempatan, Loftus-Cheek menjebol gawang Frankfurt lewat sepakan datar ke arah pojok kanan gawang. Bola pun tak terbendung dan jala Frankfurt bergetar. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Chelsea.

Chelsea vs Frankfurt (Foto: @ChelseaFC/Twitter)

Tertinggal satu gol, Frankfurt mencoba bangkit. Akan tetapi berbagai peluang tak mampu mereka manfaatkan menjadi sebuah gol. Sementara Chelsea juga tak ingin kecolongan yang beberapa kali juga menciptakan peluang untuk menggandakan keunggulan.

Tetapi hingga laga usai tak ada gol lagi yang tercipta dari kedua tim. Skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea menghiasi laga babak pertama.

Babak Kedua

Awal babkak kedua, Frankfurt langsung mengambil inisiatif serangan. Klub asal Jerman itu tampil lebih berani dengan menyerang pertahanan Chelsea lebih dulu. Mereka sepertinya ingin mencuri gol untuk bisa menyamakan kedudukan.

Serangan Frankfurt pun membuahkan hasil ketika laga babak kedua baru berjalan empat menit. Frankfurt sukses menyamakan kedudukan lewat Luka Jovic yang tanpa kawalan menjebloskan bola ke gawang Kepa pada menit 49.

Bermula dari umpan Mijat Gacinovic, striker berpaspor Bosnia Herzegovina itu melepaskan tendangan terukur ke pojok kiri gawang Kepa. Tak terbendung, Frankfurt pun sukses menyamakan kedudukan dengan skor imbang 1-1.

Chelsea vs Frankfurt (Foto: UEFA)

Situasi semakin memanas karena skor agregat kedua tim kini berimbang yakni 2-2. Chelsea pun mencoba bangkit agar bisa meraih keunggulan pada laga kali ini. Tetapi Frankfur pun tak tinggal diam. Tim tamu itu justru tampil menekan dan membuat pertahanan Chelsea sedikit kocar-kacir.

Pada menit 59, Frankfurt nyaris mencetak gol kedua. Gacinovic mencoba melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti, tetapi masih mampu dimentahkan kepa. Bola liar pun terjadi dan Filip Kostic mencoba memanfaatkannya. Namun bola yang Kostic lepaskan meleneng di sisi kanan gawang.

Chelsea vs Frankfurt (Foto: UEFA)

Memasuki menit 70, Chelsea mencoba melepaskan diri dari tekanan. Tetapi tak ada hasil apa pun dari berbagai percobaan yang mereka lakukan. Sementara Frankfurt sesekali nyaris membahayakan gawang Chelsea.

Akan tetapi hingga laga berakhir tak ada gol tercipta. Skor imbang 1-1 mengakhiri laga babak kedua. Hasil imbang tersebut membuat membuat laga harus berlangsung ke babak tambahan. Pasalnya skor agregat kedua tim imbang 2-2.

Babak Tambahan

Pada babak tambahan pertama, Chelsea lebih mendominasi jalannya pertandingan. Tetapi, baik Chelsea dan Frankfurt sama-sama mencetak peluang untuk bisa mencuri gol pada laga kali ini. Salah satu peluang emas terjadi pada Frankfurt yang nyaris mencetak gol pada menit 100.

Bermula dari serangan balik, para pemain Frankfurt sempat membuat para pemain bertahan Chelsea kocar-kacir. Kostic yang mengirim umpan silang dari sayap kiri berhasil disambut Sebastien Haller yang berdiri bebas di depan gawang Chelsea. Akan tetapi sepakan Haller yang mengarah ke gawang berhasil dicegah David Luiz walaupun bola sudah berada di luar jangkauan Kepa. Skor tetap imbang 1-1 di babak tambahan pertama.

Chelsea vs Frankfurt (Foto: UEFA)

Pada babak tambahan kedua, keadaan tak jauh berbeda. Kedua tim masih-masih melancarkan serangan. Kali ini, Frankfurt mencoba mendominasi jalannya pertandingan awal babak tambahan kedua. Namun, setelah itu Chelsea sukses mengurung pertahanan Frankfurt.

Salah satu peluang terbaik dimiliki Chelsea pada menit 116. Azpilicueta berhasil mencetak gol ketika berusaha merebut bola dari kiper Frankfurt, Kevin Trapp. Tetapi gol tersebut dianulir wasit karena Azpilicueta dianggap melakukan pelanggaran terhadap Trapp.

Meski tampil mendominasi, tak ada gol yang berhasil diciptakan Chelsea. Alhasil hingga laga babak tambahan berakhir skor imbang 1-1 tak berubah. Laga harus diakhiri dengan babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

CHELSEA (4) : Barkley O, Azpilicueta X, Jorginho O, Luiz O, Hazard O

FRANKFURT (3) : Haller O, Jovic O, De Guzman O, Hinteregger X, Paciencia X

SUSUNAN PEMAIN

CHELSEA XI (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, David Luiz, Emerson Palmieri; Mateo Kovacic, Jorginho, Ruben Loftus-Cheek; Willian, Olivier Giroud, Eden Hazard.

EINTRACHT FRANKFURT XI (3-4-3): Kevin Trapp; David Abraham, Martin Hinteregger, Simon Falette; Danny da Costa, Sebastian Rode, Makoto Hasebe, Filip Kostic; Ante Rebic, Mijat Gacinovic, Luka Jovic.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini