nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Andil Wakil Italia di Balik Kedigdayaan Liverpool dan Tottenham

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 13:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 10 261 2053976 ada-andil-wakil-italia-di-balik-kedigdayaan-liverpool-dan-tottenham-go0YORP3JR.JPG Lucas Moura saat bobol gawang Liverpool di ajang Liga Inggris 2018-2019. (Foto: Daily Mail)

LIVERPOOL dan Tottenham Hotspur akan saling bertarung di final Liga Champions 2018-2019 yang dilangsungkan di Estadio Wanda Metropolitano, Minggu 2 Juni 2019 dini hari WIB. Di balik keberhasilan Liverpool dan Tottenham melaju ke final, ternyata ada kesedihan mendalam yang dirasakan dua wakil Italia, Napoli dan Inter. Kenapa?

Sekadar mengingatkan, Napoli dan Inter tergabung bersama Liverpool dan Tottenham di Fase Grup Liga Champions 2018-2019. Inter tergabung di Grup B bersama Barcelona, Tottenham dan PSV Eindhoven.

Sementara itu, Napoli berada di Grup C bersama Liverpool, Paris Saint-Germain dan Crvena Zvezda. Ketika pertandingan Grup B dan C melewati empat pertandingan, Inter dan Napoli lebih dijagokan lolos ke 16 besar ketimbang Tottenham serta Liverpool.

Setelah melalui empat pertandingan, Napoli berada di puncak Grup C dengan koleksi enam angka, unggul head-to-head dari Liverpool di posisi dua. Sementara itu, Inter duduk di posisi dua dengan koleksi tujuh angka, unggul tiga poin dari Tottenham di tempat ketiga.

Meski sudah berada di atas angin untuk lolos ke 16 besar, Napoli dan Inter gagal meraup hasil maksimal pada dua laga setelahnya. Napoli memang menang 3-1 atas Crvena Zvezda di matchday kelima, namun mereka tumbang 0-1 dari Liverpool pada matchday terakhir fase grup.

Mohamed Salah

(Salah saat membobol gawang Napoli)

Akibatnya, Napoli hanya finis di posisi tiga dengan koleksi sembilan poin. Sebenarnya koleksi poin Napoli sama dengan Liverpool di tempat kedua, namun mereka kalah selisih gol. Saat itu, posisi juara grup ditempati PSG dengan 11 poin.

BACA JUGA: Sengitnya Man City dan Liverpool, Bukti Liga Inggris Kompetisi Terelite Eropa

Kemudian, Tottenham menang 1-0 atas Inter Milan di matchday kelima. Hasil itu membuat perolehan poin Tottenham dan Inter sama-sama tujuh. Akan tetapi karena unggul head-to-head, Tottenham berada di posisi yang lebih baik, yakni tempat kedua.

Sebenarnya posisi itu belum cukup menguntungkan Tottenham. Sebab, di laga terakhir mereka dihadapkan dengan Barcelona di Camp Nou, sedangkan Inter hanya menjamu PSV Eindhoven. Namun, dewi fortuna pada akhirnya menggelayuti Tottenham asuhan Mauricio Pochettino.

Di saat mereka secara militan menahan Barcelona 1-1, Inter di luar dugaan juga bermain 1-1 kontra PSV. Alhasil, Tottenham lolos ke 16 besar lewat koleksi delapan poin, unggul head-to-head dari Inter di tempat kedua.

Tottenham Hotspur

(Tottenham saat menahan Barcelona 1-1 di Camp Nou)

Karena itu, Liverpool dan Tottenham wajib berterima kasih kepada Napoli dan Inter. Jika Napoli dan Inter tampil konsisten di sisa laga fase grup, bukan Liverpool dan Tottenham yang mentas di final Liga Champions 2018-2019.

(Ram)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini