nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singkirkan Juventus, Ajax Amsterdam Cetak Sejarah di Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 10:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 17 261 2044509 singkirkan-juventus-ajax-amsterdam-cetak-sejarah-di-liga-champions-ca1BuQNQP2.jpg De Ligt dan kawan-kawan saat merayakan kemenangan atas Juventus. (Foto: @ChampionsLeague)

TURIN Ajax Amsterdam mencetak sejarah usai menyingkirkan Juventus dengan agregat 2-1 di perempatfinal Liga Champions 2018-2019. Die Amsterdammers –julukan Ajax– jadi klub pertama dalam sejarah yang melaju ke semifinal Liga Champions, meski memulai kompetisi dari babak Kualifikasi II.

Ajax tidak langsung lolos ke Fase Grup Liga Champions 2018-2019. Karena hanya finis di posisi dua Liga Belanda 2017-2018, Frenkie De Jong dan kawan-kawan lebih dulu mentas dari babak Kualifikasi II.

Ajax Amsterdam

Di babak tersebut, Ajax menyingkirkan wakil Austria, Sturm Graz, dengan agregat 5-1. Hasil itu meloloskan tim asuhan Erik Ten Hag ke Kualifikasi III untuk bersua wakil Belgia, Standard Liege. Lewat permainan atraktif, Ajax pun lolos ke babak playoff setelah menang agregat 5-2 atas eks klub Marouane Fellaini tersebut.

BACA JUGA: Benamkan Juventus 2-1, De Jong Justru Kurang Puas dengan Skor Akhir

Selanjutnya di babak playoff, Ajax secara perkasa menyingkirkan wakil Ukraina, Dynamo Kyiv, lewat agregat 3-1. Setelah menyingkirkan Kyiv itulah, barulah Ajax lolos ke fase grup dan tergabung bersama Bayern Munich, Benfica dan AEK Athena.

Meski sudah lama vakum, Ajax tidak kagok tampil di Liga Champions. Kampiun Liga Champions 1994-1995 itu keluar sebagai runner-up Grup E setelah mengoleksi 12 angka. Bahkan dalam dua pertemuan kontra Bayern di fase grup, Ajax sama sekali tidak terkalahkan dengan koleksi dua imbang.

Ajax Amsterdam

Hasil itu membuat Ajax melaju ke 16 besar dan bertemu juara Liga Champions dalam tiga musim terakhir, Real Madrid. Secara luar biasa, Ajax menyikat Karim Benzema dan kawan-kawan dengan agregat 5-3, sebelumnya akhirnya menyingkirkan Juventus dini hari tadi.

Melihat performa di atas, peluang Ajax menjadi kampiun cukup terbuka. Nantinya di babak semifinal, Ajax akan bertemu pemenang laga perempatfinal lain yang mempertemukan Manchester City dan Tottenham Hotspur.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini